Tindak Tutur Penolakan dalam Film 'Chihayafuru Kamu no Ku dan Shimo no Ku'

Iftikhari R, Amieni (2019) Tindak Tutur Penolakan dalam Film 'Chihayafuru Kamu no Ku dan Shimo no Ku'. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
00. Cover Iftikhari R Amieni.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
01. BAB 1 Iftikhari R Amieni.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
02. BAB IV Iftikhari R Amieni.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
03. Daftar Pustaka Iftikhari R Amieni.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
04. Skripsi Iftikhari R Amieni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas bentuk tindak tutur penolakan langsung dan tidak langsung yang menggunakan strategi penolakan. Data diambil dari tuturan dalam film Chihayafuru Kami no Ku dan Shimo no Ku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat dekskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak untuk mendapatkan hasil percakapan yang mengandung tindak tutur penolakan dalam film Chihayafuru Kami no Ku dan Shimo no Ku. Kemudian strategi penolakan langsung dan tidak langsung yang terdapat pada tindak tutur penolakan tersebut dianalisis menggunakan teori strategi penolakan dari Bebee, Takahashi dan Uliss – Weltz (1999). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur penolakan yang ditemukan dalam film Chihayafuru Kami no Ku dan Shimo no Ku tersebut menggunakan strategi penolakan yang berbeda-beda, di antaranya tiga tindak tutur penolakan langsung yang pada ketiga data seluruhnya menggunakan strategi penolakan langsung dengan verba non-performatif (遂行動詞を伴わない断わり Suikou doushi wo tomonawanai kotowari) dan sepuluh tindak tutur penolakan tidak langsung menggunakan berbagai strategi penolakan, di antaranya; satu data menggunakan strategi penolakan dengan pembelaan diri (自己防衛 Jiko bouei), satu data menggunakan strategi penolakan dengan memberikan jawaban yang tidak jelas atau ambigu (曖昧な答え Aimai na kotae), satu data menggunakan strategi penolakan dengan cara mengungkapkan keinginan (願望 Ganbou), dua data menggunakan strategi penolakan untuk untuk mengintimidasi lawan tutur (脅し Odoshi), satu data menggunakan strategi penolakan menggunakan penghindaran (回避 Kaihi), satu data menggunakan strategi penolakan dengan memberikan alasan berupa prinsip atau keyakinan (信念 Shinnen), dan yang terakhir tiga data menggunakan strategi penolakan dengan menggunakan alasan atau dengan berdalih (言い訳、理由 Iiwake, riyuu).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Imelda Indah Lestari, S.S, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Chihayafuru, tindak tutur, penolakan, strategi, Pragmatik Chihayafuru, speech act, refusal, strategy, pragmatics ちはやふる、言語行為、断る、ストラテジー、語用論
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 15 Jul 2019 14:18
Last Modified: 15 Jul 2019 14:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/46460

Actions (login required)

View Item View Item