STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA UMKM KERUPUK BAWANG AZIZAH DI KOTA PADANG

Annisa, Nur Hidayah (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA UMKM KERUPUK BAWANG AZIZAH DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan_compressed.pdf - Published Version

Download (30kB)
[img] Text (bab 5 Penutup)
BAB V Penutup_compressed.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka_compressed.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI-Annisa Nur Hidayah1810272016_-1-112_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan proses komunikasi pemasaran pada UMKM Kerupuk Bawang Azizah di Kota Padang (2) Merumuskan strategi komunikasi pemasaran pada UMKM Kerupuk Bawang Azizah di Kota Padang. Penelitian ini difokuskan pada UMKM Kerupuk Bawang Azizah di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan analisis data berupa reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran pelaku usaha UMKM Kerupuk Bawang Azizah melibatkan interaksi aktif antara pelaku usaha (sumber) dan target pasar (Penerima). Proses komunikasi pemasaran dimulai dari pengirim (Source), yaitu pelaku usaha UMKM Kerupuk Bawang Azizah, menyampaikan pesan (message) produk kepada calon konsumen (receiver). Pesan disampaikan melalui berbagai media (channel) seperti shopee, instagram, facebook dan whatsapp, word of mouth, dan sales promotion. Selanjutnya calon konsumen memberikan respon (feedback) berupa sikap dan tindakan setelah menerima pesan atau produk yang ditawarkan. Berdasarkan analisis SWOT, teridentifikasi 4 strategi komunikasi pemasaran yang dipilih atau direkomendasikan yaitu (1) Meningkatkan kualitas produk dan layanan (2) Inovasikan pesan tentang produk agar lebih efisien (3) Manfaatkan media digital agar produk dikenal secara luas (4) Menjaga loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yenny Oktavia, S. Pi., M. Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran,UMKM, Kerupuk Bawang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:18
Last Modified: 29 Dec 2023 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/460478

Actions (login required)

View Item View Item