M., Iqbal (2023) STRATEGI GASTRODIPLOMASI INDONESIA MELALUI KOPI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover)
Cover dan Abstrak M. Iqbal (1).pdf - Published Version Download (156kB) |
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
BAB 1 M.iqbal.pdf - Published Version Download (677kB) |
|
Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V M. Iqbal.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka M. Iqbal.pdf - Published Version Download (575kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Draft Skripsi Full M. Iqbal.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Indonesia sudah lama melaksanakan gastrodiplomasi kopi namun masih belum maksimal. Tahun 2018 pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo gastrodiplomasi kopi Indonesia kembali didorong. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan beragam inisiatif dalam gastrodiplomasi kopi yang telah dilakukan oleh Indonesia sejak tahun 2012 hingga saat ini. Indonesia kembali mendorong gastrodiplomasi kopi karena tren minum kopi yang sudah mendunia dan larisnya komoditas kopi Indonesia di pasar internasional karena rasanya yang unik dan khas. Penelitian ini memanfaatkan konsep strategi gastrodiplomasi dari Juyan Zhang untuk menganalisis bagaimana upaya gastrodiplomasi kopi yang dilakukan Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis dijabarkan menggunakan strategi gastrodiplomasi Juyan Zhang yaitu Product marketing Strategy, Food Event Strategy, The Coalition-Building Strategy, The Use of Opinion Leaders Strategy, The Media Relations Strategy, dan The Education Strategy. Hasil dari penelitian ini menguraikan berbagai upaya diplomasi melalui kopi yang dilakukan oleh Indonesia, dan terlihat bahwa upaya gastrodiplomasi kopi Indonesia didominasi oleh Food Event Strategy, dan pada The Use of Opinion Leaders Strategy, The Media Relations Strategy masih belum maksimal, namun pada strategi-strategi lainnya Indonesia sudah melakukannya dengan cukup baik. Gastrodiplomasi kopi Indonesia berdampak langsung kepada nilai dan volume ekspor kopi Indonesia, sebelum tahun 2018 terdapat fluktuasi pada nilai dan volume ekspor, sedangkan setelah tahun 2018 terdapat peningkatan nilai dan volume ekspor kopi secara bertahap, berbanding lurus dengan bertambahnya variasi dan intensitas gastrodiplomasi kopi Indonesia pasca tahun 2018. Kata Kunci: gastrodiplomasi, promosi, kopi, Indonesia, dunia internasional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Haiyyu Darman Moenir S.IP, M,Si |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 07:30 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/459587 |
Actions (login required)
View Item |