Dhea Aprilya, Mukhti (2023) PENGGANTI KERUGIAN AKIBAT HILANGNYA PAKET K-POP DALAM PENGIRIMAN OLEH PIHAK EKSPEDISI PT TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (199kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (269kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemajuan pasar bebas semakin memperkuat permintaan akan layanan yang lebih praktis dan efisien dalam melakukan transaksi jual beli, termasuk di sektor pengiriman dan pengangkutan. Perdagangan saat ini semakin menggantungkan diri pada perdagangan elektronik atau e-commerce sebagai sarana untuk melakukan transaksi. Untuk menfasilitasi transaksi dagang antara produsen dan konsumen di e-commerce, produsen memerlukan jasa pihak ketiga untuk mengirimkan barang baik di dalam kota maupun ke luar kota. Jasa pihak ketiga ini biasa disebut dengan ekspedisi. Ekspeditur diatur dalam Buku 1 Bab V Bagian II Pasal 86-90 KUHD mengenai kedudukan para ekspeditur sebagai pengusaha perantara. Pihak ekspedisi atau pihak pengangkut mempunyai tanggung jawab besar dalam keamanan barang. Adapun Rumusan Masalah (1) Bagaimana Pengganti Kerugian Akibat Hilangnya Paket K-Pop dalam Pengiriman oleh Pihak Ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir? (2) Bagaimana Tata Cara Klaim Ganti Rugi/ Upaya Penyelesaian Pengganti Kerugian Akibat Hilangnya Paket K-Pop dalam Pengiriman oleh Pihak Ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir? Jenis penelitian adalah yuridis empiris. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen. Data di analisis secara kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) JNE bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami oleh Pengirim akibat keterlambatan, kerusakan, kehilangan atau kesalahan dalam pengiriman Kiriman yang timbul akibat kelalaian JNE. Kiriman barang yang menggunakan asuransi, JNE akan mengganti secara penuh senilai dengan pertanggungan asuransi. Kiriman asuransi biasanya digunakan untuk pengiriman barang yang mempunyai nilai jual tinggi. Sedangkan kiriman barang yang tidak menggunakan asuransi atau non asuransi, penggantian terhadap kerusakan atau kehilangan paket maksimal 10 (sepuluh) kali biaya kirim. (2) Upaya penyelesaian pengganti kerugian akibat hilangnya paket k-pop dalam pengiriman oleh pihak ekspedisi JNE dapat dilakukan dengan negosiasi. Kurir tidak dibenarkan untuk mengganti barang yang rusak atau hilang secara langsung. Kurir tidak memiliki tanggung jawab langsung terhadap barang yang hilang walaupun kesalahan barang yang hilang tersebut dari kurirnya sendiri. Kurir harus melaporkan hal tersebut kepada koordinator lapangan JNE yang bertanggung jawab digudang sortir pengiriman, begitupun dengan konsumen harus melaporkan hal tersebut ke customer service terlebih dahulu. Kata Kunci : Ganti Rugi, K-pop, Ekspedisi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Dahlil Marjon,S.H., M.H Dr. Misnar Syam,S.H., M.Hum |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 03:32 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 03:32 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/458009 |
Actions (login required)
View Item |