STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL(Studi Kasus Pada Usaha Kopi Kopinta)

NUR, HAFNISYAH PASARIBU (2023) STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA DI KECAMATAN PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL(Studi Kasus Pada Usaha Kopi Kopinta). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (abstrak dan cover)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I..pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran pada usaha Kopinta dan merumuskan strategi pemasaran pada usaha Kopinta. Metode analisis data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan alat analisis berupa matriks IFE dan matriks EFE, matriks IE dan QSPM. Faktor internal usaha Kopinta berupa kekuatan memiliki gerai usaha dengan lokasi yang strategis, memiliki mesin produksi, dan memiliki kualitas produk yang baik. Faktor internal usaha Kopinta memiliki kelemahan belum tersedia label kadaluarsa dalam kemasan produk usaha Kopinta dan harga yang ditawarkan lebih mahal dari produk pesaing. Faktor eksternal usaha Kopinta memiliki peluang adanya tren minum kopi di kalangan masyarakat, adanya dukungan pemerintah terhadap pemasaran produk usaha Kopinta dan ketersediaan pedagang pengecer. Faktor eksternal usaha Kopinta memiliki ancaman adanya fluktuasi harga bahan baku dan persaingan usaha sejenis dengan daerah pemasaran yang sama. Untuk itu dirumuskan alternatif strategi, yaitu melakukan promosi secara berkala melalui sosial media dan endorsement, pendekatan pedagang pengecer, peningkatan gaya produk dan peningkatan keistimewaan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Rahmat Syahni Z, M.S., M.Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Faktor Internal dan Faktor Eksternal, Kopi Arabika, Strategi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:14
Last Modified: 17 Nov 2023 08:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/457622

Actions (login required)

View Item View Item