Gambaran Kompetensi Emosi Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak

Dinda, Septia Ningrum (2023) Gambaran Kompetensi Emosi Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kompetensi emosi mengacu pada kemampuan seorang individu untuk mengekspresikan, memahami dan meregulasi emosinya. Anak usia dini sudah seharusnya memiliki kompetensi emosi yang baik. Kompetensi emosi penting dimiliki oleh anak usia dini, karena akan sangat berguna dalam kesuksesan sosial maupun keberhasilan akademik anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seperti apa gambaran kompetensi emosi pada anak usia dini di taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala Kompetensi Emosi yang dikonstruk oleh Susanti & Adiyanti (2022) (α= .822). Responden dalam penelitian ini berjumlah 263 anak usia dini yang bersekolah di taman kanak-kanak dengan menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 84.8% anak usia dini di taman kanak-kanak memiliki kompetensi emosi pada kategori tinggi. Kata Kunci: Kompetensi Emosi, Anak Usia Dini, Taman Kanak-Kanak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: S1 Psikologi Psikologi
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:45
Last Modified: 26 Oct 2023 02:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/455661

Actions (login required)

View Item View Item