HUBUNGAN USIA, KELAINAN REFRAKSI, DAN LAMA PAPARAN KOMPUTER DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA PADA PENGGUNA KOMPUTER PT ANGKASA PURA II PADANG

Asmaul, Husna (2019) HUBUNGAN USIA, KELAINAN REFRAKSI, DAN LAMA PAPARAN KOMPUTER DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA PADA PENGGUNA KOMPUTER PT ANGKASA PURA II PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN USIA, KELAINAN REFRAKSI, DAN LAMA PAPARAN KOMPUTER DENGAN KELUHAN KELELAHAN MATA PADA PENGGUNA KOMPUTER PT ANGKASA PURA II PADANG Oleh Asmaul Husna Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat meluas, sehingga hampir semua pekerjaan yang dilakukan manusia bergantung pada teknologi, termasuk teknologi komputer. Penggunaan komputer di seluruh dunia terus meningkat dari waktu ke waktu. Ketergantungan seseorang dengan pemakaian komputer dalam jangka waktu lama akan berdampak buruk terhadap kesehatan, salah satunya keluhan kelelahan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, kelainan refraksi, dan lama paparan komputer dengan keluhan kelelahan mata pada pengguna komputer PT Angkasa pura II Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain potong lintang yang dilaksanakan dari bulan Januari 2018 sampai Januari 2019 di PT Angkasa pura II Padang bagian kargo. Populasi penelitian ini merupakan seluruh pengguna komputer PT Angkasa pura II Padang bagian kargo. Sampel berjumlah 42 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisioner pada responden dan memeriksa visus mata dengan snellen chart. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi-Square dengan nilai p<0,05. Hasil analisis univariat didapatkan distribusi frekuensi kelelahan mata yaitu 59,5%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa variabel usia memilki nilai p=0,439 (p>0,05), variabel kelainan refraksi memiliki nilai p=0,003 (p<0,05), dan variabel lama paparan komputer memiliki nilai p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan bermakna antara kelainan refraksi dan lama paparan komputer dengan keluhan kelelahan mata. Kata kunci : keluhan kelelahan mata, usia, kelainan refraksi, dan lama paparan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hendriati, Sp. M(K)
Subjects: R Medicine > RE Ophthalmology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Feb 2019 15:26
Last Modified: 07 Feb 2019 15:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/43402

Actions (login required)

View Item View Item