THE ANALYSIS OF THE HIDDEN PARTS OF SENTENCES AS FOUND IN “THE RON CLARK STORY” MOVIE BY USING TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMAR

Ade, Fitri (2018) THE ANALYSIS OF THE HIDDEN PARTS OF SENTENCES AS FOUND IN “THE RON CLARK STORY” MOVIE BY USING TRANSFORMATIONAL GENERATIVE GRAMMAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak+cover.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Bibliography.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi-Ade Fitri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang frase tersembunyi yang terdapat di dalam kalimat pada percakapan tokoh utama dalam film The Ron Clark dengan menggunakan pendekatan tata bahasa Transformational Generative Grammar. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui letak kata atau frase yang tersembunyi di dalam kalimat dan menghadirkan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut berdasarkan konteks linguistik. Selain itu analisis ini bertujuan untuk menjelaskan proses (transformational process) yang terjadi di dalam kalimat dengan kata atau frase dimaksud. Dalam penelitian ini Penulis menggunakan metode distribusi yang merujuk pada teori Rodney Huddleston (1976) and Noel Robert (2011). Penulis menganalisis delapan belas kalimat yang memiliki kata atau frase yang tersembunyi dalam percakapan tokoh utama yang terdalam dalam film The Rock Clark. Hasil analisis data, dengan menggunakan Deep Structure dapat ditemukan kata dan frase yang tersembunyi di dalam kalimat tersebut terletak pada konstituen Noun Phrase maupun Verb Phrase. Kemudian dengan menggunakan proses transformasi, maka akan didapatkan Surface Structure dari kalimat tersebut. Analisis ini akhirnya diharapkan dapat membantu pemahaman tentang kalimat yang memiliki kata atau frase yang tersembunyi. Kata kunci: Percakapan, konteks, struktur tata bahasa, kata atau frase yang tersembunyi, Transformasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Rumbardi, M.Sc
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 25 Jan 2019 12:20
Last Modified: 25 Jan 2019 12:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42871

Actions (login required)

View Item View Item