ANALISIS FUKUSHI MOU PADA KALIMAT BAHASA JEPANG DALAM KOMIK SUKI DESU SUZUKI KUN VOL 1-3 KARYA IKEYAMADA TSUYOSHI KAJIAN PRAGMATIK

Weli, Sentia (2018) ANALISIS FUKUSHI MOU PADA KALIMAT BAHASA JEPANG DALAM KOMIK SUKI DESU SUZUKI KUN VOL 1-3 KARYA IKEYAMADA TSUYOSHI KAJIAN PRAGMATIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Fukushi, Mou, Leech Penelitian ini meneliti tentang fungsi Fukushi mou pada kalimat bahasa Jepang dalam komik Suki Desu Suzuki Kun. Fukushi termasuk kelas kata yang tidak mengalami perubahan bentuk. Salah satu fukushi dalam bahasa Jepang yaitu mou, mou termasuk jenis yousu fukushi yang menerangkan keadaan. Fukushi mou memiliki makna berbeda-beda tergantung konteks kalimat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap (SLBC). Pada tahap analisis data digunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Berdasarkan aspek-aspek situasi tutur yang dikemukakan oleh Leech dan juga teori dari Yamamoto, Hirotase dan Masayoshi, maka hasil penelitian ini peneliti menemukan 6 fungsi fukushi mou dari 16 data yang ditemukan dalam komik suki desu Suzuki kun. Pertama, mengungkapkan waktu yang telah berlalu. Kedua, menjelaskan keadaan yang telah selesai sebelumnya. Ketiga, memperkuat keadaan yang sudah tidak diragukan lagi. Keempat, menekankan perasaan tidak akan mengulangi hal yang sama lagi. Kelima, mengekspresikan emosi dengan kuat. Keenam, menunjukkan keadaan yang benar-benar terjadi pada saat itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: RADHIA ELITA, S.S, M.A
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 23 Jan 2019 14:38
Last Modified: 23 Jan 2019 14:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42114

Actions (login required)

View Item View Item