ANALISIS KECEPATAN KENDARAAN PADA SIMPANG TIGA BUNDARAN DENGAN VARIASI DIAMETER PULAU TENGAH BUNDARAN

SITI, AMINAH (2019) ANALISIS KECEPATAN KENDARAAN PADA SIMPANG TIGA BUNDARAN DENGAN VARIASI DIAMETER PULAU TENGAH BUNDARAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER A5 + Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA FULL SITI AMINAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Universitas Andalas merupakan kawasan pendidikan yang relatif luas sehingga membutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung untuk kelancaran aktifitas dilingkungannya. Salah satu sarana dan prasarana yang penting adalah di bidang transportasi. Prasarana jalan ini berupa jaringan jalan yang memiliki ruas jalan dan persimpangan. Jenis pengaturan simpang yang digunakan di Universitas Andalas adalah simpang prioritas dan simpang dengan bundaran.Salah satunya adalah Bundaran Kedokteran – Mesjid Nurul Ilmi telah mengalami beberapa kali perubahan desain terhadap diameternya. Bundaran-bundaran tersebut dibuat untuk mengurangi titik konflik yang terjadi di persimpangan tersebut. Jika perencanaan suatu bundaran tidak sesuai dengan peratutan atau standar yang telah ditetapkan, maka akan terjadi tundaan dan antrian besar serta dapat menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan. Pada penelitian ini dilakukan peninjauan tentang perbandingan kecepatan kendaraan saat melewati bundaran dengan variasi diameter berbeda tersebut, agar diketahui diameter bundaran yang lebih aman untuk diterapkan. Penelitian ini mengidentifikasi variasi kecepatan kendaraan dan membandingkan kecepatan kendaraan saat melewati bundaran dengan variasi diameter berbeda. Kemudian dilihat juga perilaku kendaraan yang melintasi bundaran dengan arah dan rute yang sama. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kecepatan rata-rata kendaraan yang memiliki trend yang sama yaitu melintasi bundaran dengan arah lurus memiliki kecepatan yang relatif sama dari sebelum hingga sesudah melewati bundaran,kecepatan rata-rata kendaraan yang belok kiri lebih tinggi saat melintasi bundaran dibandingkan sebelum dan sesudah melewati bundaran dan kecepatan rata-rata kendaraan yang melintasi bundaran dengan arah belok kanan lebih rendah saat melintasi bundaran dibandingkan sebelum dan sesudah melewati bundaran. Jadi kesimpulan yang didapatkan adalah semakin besar ukuran diameter bundaran, maka kecepatan rata-rata kendaraan semakin rendah. Kata kunci: Bundaran, Kecepatan, Jarak Tempuh, Volume.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: YOSSYAFRA, Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 22 Jan 2019 16:34
Last Modified: 22 Jan 2019 16:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/42061

Actions (login required)

View Item View Item