ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN COLLABORATIVE BOARD GAME DALAM INTERVENSI BULLYING DI SD NEGERI 30 CUBADAK AIR LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2018

Desti, Rahmayani (2018) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DENGAN PENERAPAN COLLABORATIVE BOARD GAME DALAM INTERVENSI BULLYING DI SD NEGERI 30 CUBADAK AIR LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (Laporan Ilmiah Akhir Full)
LAPORAN ILMIAH AKHIR full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Bullying merupakan permasalahan yang banyak terjadi pada anak usia sekolah. Salah satu penyebabnya adalah pada usia ini anak suka berkelompok (gang age) dan menghabiskan waktu dengan teman sebayanya. Hal ini dapat menyebabkan adanya penerimaan atau penolakan seorang anak pada suatu kelompok yang akan menjadi cikal bakal perilaku bullying. Tujuan dari intervensi keperawatan ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap siswa SDN 30 Cubadak Air Lubuk Lintah Padang terkait perilaku bullying melalui penerapan Collaborative Board Game. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 5 November - 1 Desember 2018 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner pre-test post-test. Siswa yang diberikan intervensi ini berasal dari kelas 4 yang berjumlah 23 orang. Hasil penerapan Collaborative Board Game ini adalah adanya adanya peningkatan pengetahuan dan sikap siswa terhadap perilaku bullying yang dibuktikan dengan hasil kuesioner post-test, bahwa dari 23 siswa 47,8% siswa berpengetahuan baik, 43,5% berpengetahuan cukup, dan 8,7% berpengetahuan kurang. Kemudian 47,8% memiliki sikap positif, 52,2% memiliki sikap yang netral, dan tidak ada yang memiliki sikap yang negatif (0%). Diharapkan pada sekolah untuk meningkatkan pengawasan dan melanjutkan pemberian pendidikan kesehatan mental terkait bullying pada siswa oleh guru atau bekerja sama dengan pihak puskesmas serta menyediakan layanan konseling untuk siswa baik untuk korban bullying maupun pelaku bullying. Kata Kunci : Anak Usia Sekolah, Bullying, Collaborative Board Game Daftar Pustaka : 39 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp., MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 12:42
Last Modified: 21 Jan 2019 12:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41675

Actions (login required)

View Item View Item