ANALISIS PERFORMASI AKTUAL MESIN GAS ROLL ROYCE TIPE B35:40V20AG UNIT TIGA DI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MESIN GAS PANARAN BATAM DAN PERBANDINGAN DENGAN PERFORMANSI TEORITIS UNTUK PENILAIAN KINERJA PEMBANGKIT

Diah, Novita Sari (2019) ANALISIS PERFORMASI AKTUAL MESIN GAS ROLL ROYCE TIPE B35:40V20AG UNIT TIGA DI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MESIN GAS PANARAN BATAM DAN PERBANDINGAN DENGAN PERFORMANSI TEORITIS UNTUK PENILAIAN KINERJA PEMBANGKIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
6. BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
tugas akhir full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu pembangkit listrik yang beroperasi di Batam ialah Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Panaran Batam. Engine yang digunakan yaitu Engine Rolls Royce tipe B35:40V20AG dengan kapasitas daya yaitu 8.1 MW. Setelah beroperasi selama lima tahun Engine Rolls Royce mengalami penurunan performa seperti mengalami derating, engine trip serta engine yang mengalami overheat. Penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara mengolah data yang telah didapatkan dari PLTMG panaran dengan menghitung nilai efisiensi serta konsumsi bahan bakar gas selama bulan Mei 2018. Perhitungan ini hanya dilakukan pada engine tiga dengan batasan skema sistem pada unit mesin gas Rolls Royce. Setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan bahwa Efisiensi engine tiga pada Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Panaran Batam mengalami penurunan sebesar 12%. Penurunan efisiensi engine diakibatkan karena pembakaran yang tidak sempurna serta faktor lain dari segi sistem pendinginan dan perawatan engine. Selain itu nilai konsumsi bahan bakar secara teoritis lebih kecil dibandingkan dengan nilai konsumsi bahan bakar secara aktual. Konsumsi bahan bakar gas aktual yang paling tinggi yaitu pada tanggal 20 Mei sebesar 182 MMBTU sedangkan pemakaian bahan bakar secara teori yang paling boros didapatkan pada tanggal 1 Mei 2018 yaitu sebesar 138 MMBTU. Kata Kunci : Efisiensi, Engine Rolls Royce, Konsumsi Bahan Bakar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Adly Havendri, M.Sc
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Jan 2019 14:28
Last Modified: 22 Jan 2019 14:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41573

Actions (login required)

View Item View Item