ANALISIS PNBP PADA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS III DUMAI SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PNBP ONLINE (SIMPONI)

Tisa, Tantri (2019) ANALISIS PNBP PADA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS III DUMAI SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM INFORMASI PNBP ONLINE (SIMPONI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
0.COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
1.BAB 1.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
2.BAB 5.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
3.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI PDF LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Optimalisasi pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) perlu dilakukan untuk meningkatkan pendapatan negara. Salah satu upaya pemerintah adalah melalui modul aplikasi berbasis web untuk pembayaran pajak, cukai, PNBP, dan non-anggaran, yang dikenal dengan aplikasi SIMPONI (Sistem Informasi PNBP Online). Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan di bawah Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang melakukan pemungutan PNBP juga ikut menerapkan SIMPONI dalam penyetoran PNBP. SIMPONI diharapkan memberikan fleksibilitas bagi masyarakat dalam melaksanakan kewajiban, keakuratan pencatatan, dan percepatan pemberian pelayanan kepada masyarakat, sehingga berkonstribusi bagi peningkatan pendapatan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pendapatan PNBP pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai sebelum dan setelah penerapan aplikasi SIMPONI. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menguraikan pendapatan PNBP per jenis layanan yang diperoleh satuan kerja. Hasil penelitian menunjukkan pendapatan PNBP sebelum dan sesudah penerapan SIMPONI selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Penerapan SIMPONI memberikan kemudahan dan mempercepat proses pemberian pelayanan kepada masyarakat, terlihat setelah penerapan SIMPONI satuan kerja memperoleh PNBP dari 2 jenis layanan baru yang dapat dilaksanakan oleh satuan kerja. Kata kunci: Pendapatan PNBP, SIMPONI

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firdaus, SE, M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 17 Jan 2019 11:41
Last Modified: 17 Jan 2019 11:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41107

Actions (login required)

View Item View Item