ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI KENTANG (solanum Tuberosum L) VARIETAS GRANOLA DAN VARIETAS CIPANAS DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

BUDI, RAHMAN (2018) ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI KENTANG (solanum Tuberosum L) VARIETAS GRANOLA DAN VARIETAS CIPANAS DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur teknis budidaya tanaman kentang di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci, menganilisis perbandingan pendapatan dan keuntungan dari usahatani kentang varietas granola dan varietas cipanas serta menganalisa permasalahan petani dalam berusahatani kentang varietas granola dan varietas cipanas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa teknik budidaya tanaman kentang varietas granola dan varietas cipanas tidak berbeda jauh namun teknik budidaya yang dilakukan dilapangan berbeda dengan yang dianjurkan literatur. Rata-rata pendapatan kentang varietas granola Rp. 47.582.407,41/Ha/MT dan varietas cipanas Rp. 8.301.239,67 /Ha/MT. Keuntungan kentang varietas granola Rp. 42.718.814,81 /Ha/MT. dan untuk tanaman kentang varietas cipanas Rp. 5.057.190,08 /Ha/MT. Hasil uji statistic pada tarafnyata 5% behwa terdapat perbedaan nyata keuntungan antara usahatan ikentang varietas granola dan varietas cipanas. Sedangkan untuk analisis R/C ratio pada kegiatan usahatani kentang varietas granola adalah 1.6 sedangkan untuk kentang varietas cipanas adalah 1.1. Saran untuk kedepannya dalam melakukan budidaya sebaiknya petani berpedoman sesuai yang dianjurkan pada literature dan lebih memperhatikan kegiatan usahataninya, sehingga produksi yang didapatkan lebih banyak. Kemudian peran penyuluh dan pemerintah sangat penting sehingga petani mampu dengan mudah menyelesaikan permasalahan yang dihadapi petani dapat teratasi. Kata kunci: Pendapatan, Laba, Perbandingan, Kentang, Varietas Granola, Varietas Cipanas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Yusri Usman, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Jan 2019 10:21
Last Modified: 08 Jan 2019 10:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40837

Actions (login required)

View Item View Item