Hubungan Antara Profil Psikologi dengan Prestasi Akademik Peserta Didik Kebidanan

Rahmatul, Ulya (2018) Hubungan Antara Profil Psikologi dengan Prestasi Akademik Peserta Didik Kebidanan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img] Text (Tesis Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN PROFIL PSIKOLOGI DENGAN PRESTASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KEBIDANAN RAHMATUL ULYA Bidan merupakan mata rantai yang sangat penting karena kedudukannya sebagai ujung tombak dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia melalui kemampuannya untuk melaksanakan pengawasan, pertolongan, dan pengawasan neonatus dan persalinan ibu postpartum. Salah satu cara untuk menurunkan AKI dan AKB adalah dengan cara meningkatkan mutu lulusan pendidikan kebidanan. Salah satunya yang menggambarkan perkembangan kemampuan mahasiswa dengan melihat hasil atau prestasi belajar yang dicapai. Tes psikologi akan membantu institusi pendidikan kebidanan untuk mengetahui latar belakang, motivasi dan lingkungan lainnya yang berkaitan dengan peserta didik Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan profil tes psikologi dengan prestasi akademik peserta didik kebidanan. Penelitian ini merupakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional untuk mengetahui hubungan profil psikologi dengan prestasi akademik peserta didik kebidanan. Penelitian telah dilakukan pada bulan November - Desember 2017 di Akademi Kebidanan Sumatera Barat. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian (70,0%) struktur kecerdasan dalam kategori cukup, (62,5%) perilaku kerja dalam kategori cukup, (77.5%) tipe kepribadian dalam kategori cukup, (72,5%) sosiablitas dalam kategori cukup, (50,0%) kepemimpinan dalam kategori kurang, (47,5%) tempramen dan emosi dalam kategori cukup, (60,0%) indeks prestasi kumulatif (IPK) cukup.Terdapat hubungan yang signifikan antara struktur kecerdasan, perilaku kerja, tipe kepribadian, sosiabilitas, kepemimpinan, tempramen dan emosi dengan prestasi akademik peserta didik kebidanan dengan p value < 0.05 Pada penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara struktur kecerdasan, perilaku kerja, tipe kepribadian, sosiabilitas, kepemimpinan, tempramen dan emosi dengan prestasi akademik peserta didik kebidanan. Disarankan kepada institusi agar mengadakan psikotes dalam setiap penerimaan mahasiswa baru. Kata Kunci: Psikotes, Prestasi Akademik, Pendidikan Kebidanan

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Arni Amir, MS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 26 Oct 2018 11:42
Last Modified: 26 Oct 2018 11:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40359

Actions (login required)

View Item View Item