SINERGITAS STAKEHOLDERS DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK NAGARI TUNAS JAYA SASAK NAGARI SASAK KECAMATAN SASAK RANAH PASISIE KABUPATEN PASAMAN BARAT

RINDA, HASRATY ILYAS (2018) SINERGITAS STAKEHOLDERS DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK NAGARI TUNAS JAYA SASAK NAGARI SASAK KECAMATAN SASAK RANAH PASISIE KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1 COVER (1).pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (939kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
ilovepdf_merged (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rinda Hasraty Ilyas, No. BP : 1210843012, Sinergitas Stakeholders Dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Nagari Tunas Jaya Sasak Nagari Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2018. Dibimbing oleh Dr. RiaAriany, M.Si dan Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA. Skripsi ini terdiri dari 131 halaman dengan referensi 12 buku teori, 5 buku metode, 1 Skripsi, 8 Jurnal, 1 Peraturan Menteri, 1 Peraturan Bupati, 1 Peraturan Nagari, 1 Perundang-undangan dan 4 Website. Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) adalah salah satu lembaga yang bergerak dibidang social dan ekonomi yang memanfaatkan potensi yang ada di nagari. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi stakeholders dalam pengembangan Badan Usaha Milik Nagari Tunas Jaya Sasak dan mendeskripsikan proses sinergi stakeholders dalam pengembangan Badan Usaha Milik Nagari Tunas Jaya Sasak. Berdasarkan teori yang peneliti gunakan, Triana Rahmawati dkk dalam jurnal yang berjudul Sinergitas Stakeholders Dalam Inovasi Daerah mengatakan bahwa sinergitas dapat terbangun melalui dua cara, yaitu dengan komunikasi dan koordinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk melihat sinergitas stakeholders tersebut dari hasil penelitian, maka dilakukan triangulasi, yaitu dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stakeholders yang terlibat dalam pengembangan BUMNag Tunas Jaya Sasak dikelompokkan menjadi dua, yaitu stakeholders internal (penasehat, dewan komisaris dan dewan direksi) dan stakeholders eksternal (Masyarakat Nagari Sasak, perwakilan tokoh-tokoh masyarakat, masyarakat yang bermitra dengan BUMNag Tunas Jaya Sasak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Pasaman Barat). Pengembangan BUMNag Tunas Jaya Sasak tidak dilakukan sendiri oleh pengurus BUMNag Tunas Jaya Sasak, pengurus melakukan sinergi dengan berbagai stakeholders. Dimana peran masing-masing stakeholders telah berjalan dilihat dari proses komunikasi dan koordinasi yang mereka laksanakan. Kata kunci : Sinergitas, Stakeholders, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RiaAriany, M.Si
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 26 Oct 2018 12:07
Last Modified: 26 Oct 2018 12:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40328

Actions (login required)

View Item View Item