EVALUASI DAN RE-FORMULASI STRATEGI BISNIS HOTEL XYZ

Lathif, Arafat .A (2018) EVALUASI DAN RE-FORMULASI STRATEGI BISNIS HOTEL XYZ. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
3. BAB akhir.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img] Text (THESIS FULL TEXT)
5. Full text upload jurnal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hotel XYZ adalah hotel milik Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang berkembang pasca gempa bumi tahun 2009 di Kota Padang. Untuk mencapai keunggulan bersaing bagi pelaku usaha jasa perhotelan sangat dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi strategi dan merekomendasikan strategi alternatif yang terbaik digunakan oleh Hotel XYZ sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan. Resources Based View (RBV) analysis and Valuable, Rare, Inmitable, Non-Substitutable (VRIN) analysis dilingkungan Internal Politic, Ekologic, Social, Technology, Enviroment and Law (PESTEL) analysis dilingkungan External. Teknik analisis data mengunakan tiga tahapan, Tahap input dengan RBV analysis & VRIN analysis mengunakan Internal Factor Evaluating (IFE) Matrix sedangkan PESTEL analysis dengan External Factor Evaluating (IFE) Matrix, kemudian pesaing dianalisis dengan Competitive Profile Matrix (CPM). Tahapan pencocokan mengunakan SWOT Matrix dan Internal External (IE) Matrix untuk mendapatkan beberapa strategi alternatif yang akhirnya pada diputuskan ditahap keputusan strategi yang tepat melalui Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini merekomendasikan bahwa Hotel XYZ sebenarnya memilki kekuatan internal dan peluang eksternal yang besar dalam rangka mengembangkan usaha dan menghadapi tingkat persaingan dengan mengunakan Strategi Intensif Penentrasi Pasar lewat usaha pemasaran yang lebih luas dengan memiliki Online Travel Agent (OTA) dan pemasaran melalui Content Creative. Kata Kunci: Stategic Evaluating, RBV, VRIO, PESTEL, Matrik EFE, Matrik EFI, CPM, Matrik SWOT, Matrik IE, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syukri Lukman, SE, MS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 24 Oct 2018 12:53
Last Modified: 24 Oct 2018 12:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39975

Actions (login required)

View Item View Item