Delia, Erni (2018) ANALISIS PENERAPAN APLIKASI E-PUSKESMAS DI PUSKESMAS AMBACANG DAN PUSKESMAS KURANJI KOTA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER ABSTRAK)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian E-Puskesmas merupakan modul aplikasi untuk perancangan Smart City yang dikembangkan atas kerjasama Dinas Kesehatan dengan PT. Infokes Indonesia dengan tujuan pencatatan dan pendataan pasien dilakukan secara elektronik. Penerapan e-Puskesmas masih kurang efektif dan efisien karena petugas puskesmas melakukan dua kali pencatatan yaitu secara online dan manual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan e-Puskesmas di Puskesmas Ambacang dan Puskesmas Kuranji Kota Padang tahun 2018. Metode Metode penelitian adalah metode kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan April-Juni 2018. Informan yaitu Kepala Puskesmas, Rekam Medik, Poli Umum, Farmasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan telaah dokumen. Variabel yang diteliti yaitu input, proses, output. Pengolahan data dan analisa data menggunakan content analisis dan keabsahan data dengan tabel triangulasi sumber dan tabel triangulasi metode dengan pendekatan sistem. Hasil Puskesmas Ambacang dari sisi input SDM sudah memadai, dana berasal dari dana Jaminan Kesehatan Nasional, sarana/prasarana sudah memadai. Kebijakan berasal dari pusat dan puskesmas. Dari sisi proses terdapat kendala karena masalah jaringan internet. Puskesmas Kuranji dari sisi input SDM sudah memadai, dana berasal dari dana Jaminan Kesehatan Nasional, sarana/prasarana belum memadai. Kebijakan berasal dari pusat. Dari sisi proses terdapat kendala masalah jaringan internet dan dari sisi output penggunaan e-puskesmas pada kedua puskesmas belum optimal. Kesimpulan Penggunaan e-puskesmas di Puskesmas Ambacang dan Puskesmas Kuranji masih mempunyai kekurangan dan membutuhkan perbaikan dari sisi input, proses dan output. Diharapkan kepada Puskesmas Ambacang meningkatkan kualitas jaringan internet sedangkan Puskesmas Kuranji diharapkan melengkapi sarana/prasarana seperti komputer, printer dan meningkatkan kualitas jaringan internet agar e-puskesmas berjalan dengan optimal sehingga mengurangi beban kinerja petugas puskesmas. Daftar Pustaka : 31 (2001-2017) Kata Kunci : e-puskesmas, input, process, output, Puskesmas Ambacang, Puskesmas Kuranji
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dra. Sri Siswati, Apt, SH, M.Kes |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 12:45 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 12:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/38088 |
Actions (login required)
View Item |