Maulana Fitrah, Fira (2016) PERAN TESTIMONI SEBAGAI PERWUJUDAN KOMUNIKASI PERSUASIF MALALUI MEDIA (Studi Kasus pada Forum Jual Beli Kaskus). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover abstract Fira Maulana Fitrah BP 1110863001.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
bab1 Fira Maulana Fitrah BP 1110863001.pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (bab akhir)
bab akhir Fira Maulana Fitrah BP 1110863001.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (Bab)
bab akhir Fira Maulana Fitrah BP 1110863001.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (Skripsi Fullteks)
Full Skripsi Fira Maulana Fitrah BP 1110863001.doc.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Peran Testimoni Sebagai Perwujudan Komunikasi Persuasif Melalui Media Studi Kasus Pada Forum Jual Beli Kaskus Oleh: Fira Maulana Fitrah 1110863001 Yesi Puspita, S.Sos, M.Si Yayuk Lestari, S.Sos, M.A Berkembangnya teknologi dan munculnya media sosial mengubah perilaku seseorang dalam melakukan komunikasi persuasif yaitu menggunakan media sebagai perwujudan komunikasi persuasif. Forum Jual Beli Kaskus merupakan salah satu forum belanja online menggunakan testimony sebagai tempat menyampaikan pendapat mereka terhadap online shop yang ada di kaskus tersebut sehingga dapat mempersuasi seseorang di FJB Kaskus. Penelitian ini membahas tentang peran testimoni sebagai perwujudan komunikasi persuasif melalui media studi kasus pada forum jual beli Kaskus dengan menggunakan teori computer mediated communication (CMC). Menurut December dalam thurlow,et.al menyatakan CMC adalah bagaimana dua orang atau lebih dapat berkomunikasi satu dengan lainnya dengan menggunakan alat pendukung computer. CMC menitik beratkan pada komunikasi interpersonal, melalui internet dan website. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan testimoni dapat memberikan kesan terhadap Kaskuser dalam membentuk kesan kaskuser pada sebuah lapak maka ini membuktikan komunikasi melalu media atau tidak harus bertatap muka langsung yang di jelaskan pada teori CMC. Testimoni juga efektif mempersuasi kaskuser lain yang ingin belanja dan menjadi pertimbangan penting untuk mereka. Selain itu persuasif melalui media ini dapat meningkatkan ketelitian sebelum melakuakan proses berbelanja dan berkurangnya atau meminimalisir dampak negatif saat berbelanja online seperti penipuan yang sering dialami konsumen saat berbelanja online. Kata kunci: komunikasi persuasi, CMC, testimoni, forum jual beli kaskus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yesi Puspita, S.Sos, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 14:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 14:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37671 |
Actions (login required)
View Item |