GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN PANDUAN MEMBUNUH MASA LALU KARYA KARTA KUSUMAH(TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Ivan, Harley (2018) GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN PANDUAN MEMBUNUH MASA LALU KARYA KARTA KUSUMAH(TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ivan Harley. 2018. “GANGGUAN PSIKOLOGIS PADA TOKOH DALAM KUMPULAN CERPEN PANDUAN MEMBUNUH MASA LALU KARYA KARTA KUSUMAH (Tinjauan Psikologi Sastra)”. Skripsi ini ditulis dengan bimbingan Dr. Syafril, M. Si selaku pembimbing I danDrs. M. Yusuf, M. Hum selaku pembimbing II. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Penelitian ini mengangkat masalah gangguan psikologis tokoh-tokoh dalam cerpen-cerpen karya Karta Kusumah dalam kumpulan Panduan Membunuh Masa Lalu (2016) dengan menggunakan psikologi sastra. Gangguan psikologis tokoh-tokoh dalam cerpen-cerpen karya Karta Kusumah dilihat dari teori psikologi abnormal Nevid yang sebelumnyadidukung oleh analisis struktur cerpen-cerpen karya Karta Kusumah dalam kumpulan Panduan Membunuh Masa Lalu yang meliputi tema, alur, tokoh dan penokohan, dan latar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Masalah yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk gangguan psikologis tokoh-tokoh yang ada dalam cerpen-cerpen karya Karta Kusumah yang terhimpun dalam kumpulan Panduan Membunuh Masa Lalu, (2) Apa-apa saja dorongan yang menyebabkan gangguan psikologis tokoh-tokoh dalam cerpen-cerpen karya Karta Kusumah yang terhimpun dalam kumpulan Panduan Membunuh Masa Lalu. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk gangguan psikologis tokoh-tokoh yang ada dalam cerpen-cerpen karya Karta Kusumah yang terhimpun dalam kumpulan Panduan Membunuh Masa Lalu dan mendeskripsikan dorongan yang menyebabkan gangguan psikologis tersebut muncul. Dari analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa tokoh-tokoh dalam kumpulan cerpen Panduan Membunuh Masa Lalu adalah tokoh-tokoh yang mengalami gangguan psikologis. Gangguan psikologis tersebut lebih didominasi oleh gangguan depresi dan gangguan aksis IV. Kata kunci: gangguan psikologis, tokoh, cerpen panduan membunuh masa lalu, karta kusumah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril, M. Si
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 01 Aug 2018 12:25
Last Modified: 01 Aug 2018 12:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37317

Actions (login required)

View Item View Item