KUALITAS PELAYANAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG SUMATERA BARAT

ROBY, MUHARDI (2018) KUALITAS PELAYANAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. ROBY - COVER & DOSEN PEBIMBING.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2. BAB 1 ROBY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
3. BAB 5 ROBY.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA ROBY.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL)
5. Roby TA Full Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Indonesia mengalami perkembangan dalam bidang asuransi. Menurut Setiadi (2016), tahun 2016 tingkat penetrasi asuransi sekitar 11,8% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 261,1 juta penduduk, naik dari tahun sebelumnya dan paling banyak didominasi asuransi dalam bidang transportasi. Transportasi merupakan suatu kebutuhan, karena setiap orang mengawali kegiatannya dengan menggunakan transportasi. Hal ini menyebabkan setiap orang menggunakan alat transportasi untuk melakukan kegiatannya. Aktivitas transportasi yang berada di seluruh wilayah Indonesia sangatlah banyak dan juga padat. Di Sumatera Barat, hampir semua warga masyarakatnya menggunakan alat transportasi untuk beraktivitas. Seperti yang digunakan untuk berkerja, hingga pelajar yang digunakan untuk bersekolah. Penggunaan transportasi juga menimbulkan resiko, seperti terjadinya kecelakaan, menurut Setiyadi (2017), tercatat pada tahun 2016 lalu, di Indoenesia telah terjadi 105.374 kasus kecelakaan. Dari jumlah tersebut korban meninggal dunia mencapai 25.859 orang, korban luka berat 22.939 dan korban luka ringan sebanyak 120.913 orang. Pengguna kendaraan bermotor sudah selayaknya mendapatkan perlindungan, salah satunya dengan melalui jasa asuransi. Menurut Pasal 1 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian, asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih dengan pihak penanggung yang mengikatkan diri kepada pihak 2 tertanggung, dengan menerima premi asuransi yang diberikan kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan, kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang disebabkan oleh suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal. Salah satu upaya untuk melindungi warga negara Indonesia, khususnya dari risiko kecelakaan lalu lintas jalan adalah memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas atau kepada ahli warisnya. Dana kecelakaan lalu lintas jalan diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1965 tentang Ketentuan-Ketentuan Pelaksanaan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Pada dasarnya Undang-Undang bertujuan untuk memberikan suatu perlindungan kepada masyarakat luas terhadap kerugian-kerugian yang timbul karena adanya keceelakaan lalu lintas jalan. serta menunjuk PT. Jasa Raharja (Persero) sebagai Badan Penyelenggara. PT. Jasa Raharja (Persero) adalah suatu perusahaan asuransi yang menawarkan salah satu produk asuransi kepada masyarakat yaitu produk asuransi kerugian. PT. Jasa Raharja (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pembinaan Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Menurut Lukman (2013), BUMN adalah instansi milik pemerintah yang paling banyak diketahui masyarakat dengan beragam layanan usaha mulai dari layanan keuangan (perbankan, asuransi, dan dana pensiun) yang dilakukan oleh bank-bank BUMN ataupun perusahaan asuransi milik pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Donard Games, S.E.,M.Bus (Adv).,Ph.D
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 30 Jul 2018 10:42
Last Modified: 30 Jul 2018 10:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/37122

Actions (login required)

View Item View Item