POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN ANAK PENDERITA DEAFBLIND

Pratama, Chandra (2018) POLA KOMUNIKASI ORANGTUA DENGAN ANAK PENDERITA DEAFBLIND. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img] Text
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Orangtua memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak, khususnya bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini dilatarbelakangi dari bagaimana orangtua biasanya berkomunikasi dengan anak di rumah dengan keterbatasan yang menghambat mereka untuk berkomunikasi dengan anaknya, khususnya kekurangan dalam hal pendengaran dan penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi orangtua dengan anak deafblind dalam kesehariannya, mendeskripsikan elemen komunikasi serta hambatan-hambatan yang dihadapi orangtua ketika berkomunikasi dengan anaknya. Dalam menganalisa permasalahan penelitian, peneliti menggunakan teori interaksionisme simbolik, dan teori sensitivitas retorik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumentasi peneliti selama dilapangan. Teknik pengambilan informan yag digunakan adalah purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik analisis data Miles dan Haberman atau yang lazim disebut interaktif model. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui empat informan, diketahui bahwa pola komunikasi yang dilakukan dalam mendidik ialah pola komunikasi demokratis. Hambatan yang dialami selama proses komunikasi ialah dalam pemilihan simbol yang tepat bagi anak dalam berkomunikasi. Jadi, sebelum berkomunikasi dengan anak deafblindsebaiknya diperhatikan bagaimana berkomunikasi dengan mereka. Kata kunci : Pola Komunikasi Orangtua, Komunikasi Interpersonal, Teori Sensitivitas Retorik,Teori Interaksionisme Simbolik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arief, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Jul 2018 16:30
Last Modified: 26 Jul 2018 16:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36570

Actions (login required)

View Item View Item