ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

MUNAWWARATUL, ARDI (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh return on asset, net profit margin, ukuran perusahaan dan dividend payout ratio terhadap praktik Perataan Laba pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Populasi penelitian ini terdiri dari 48 perusahaan dengan metode pengambilan sampel purposive sampling, sehingga diperoleh 31 peruahaan sampel sebagai objek penelitian 155 unit analisis pengamatan. Data yang digunakan adalah laporan tahunan dan laporan keuangan masing-masing peusahaan yang dipublikasikan melalui website www.idx.co.id. Hipostesis penelitian ini diuji menggunakan regresi linier beganda dengan uji t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hanya ukuran perusahaan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap perataan laba. Sedangkan, return on asset, net profit margin, dan dividend payout ratio tidak mempunyai pengaruh terhadap perataan laba. Hasil penelitian yang dilakukan dengan uji f (uji serentak) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas (return on asset, net profit margin, ukuran perusahaan dan dividend payout ratio), secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perataan laba. Nilai R Square sebesar 0,183. Kata Kunci : Perataan Laba, Return on Asset, Net Profit Margin, Ukuran Perusahaan dan Dividend Payout Ratio

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Warnida, M.M,Ak.CA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 25 Jul 2018 15:54
Last Modified: 25 Jul 2018 15:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item