PERSEPSI YANG KELIRU TERHADAP ADAT KAWIN BAJAPUIK DALAM NOVEL AKU TIDAK MEMBELI CINTAMU KARYA DESNI INTAN SURI TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

LIDYA, NADIANTI (2018) PERSEPSI YANG KELIRU TERHADAP ADAT KAWIN BAJAPUIK DALAM NOVEL AKU TIDAK MEMBELI CINTAMU KARYA DESNI INTAN SURI TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2.BAB I.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
3.BAB IV.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
5.Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini membicarakan tentang persepsi yang keliru terhadap adat kawin bajapuik dalam Minangkabau daerah Pariaman. Dalam novel ini tokoh di dalamnya mempersepsikan adat bajapuik secara ekstreem. Ia memberlakukan sistem adat bajapuik itu di dalam keluarganya. Sehingga bergeserlah peran kepala rumah tangga di dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana bentuk persepsi yang keliru terhadap adat bajapuik dalam novel ATMC, menjelaskan dampak yang ditimbulkan oleh persepsi yang keliru terhadap adat bajapuik yang ada di dalam novel ATMC dan menjelaskan bagaimana tradisi adat bajapuik yang sesungguhnya di dalam Minangkabau. Dalam menganalisis novel digunakan metode kualitatif. Adapun teknik yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, analisis deskriptif terhadap data, dan penyajian hasil analisis secara informal (naratif) dalam bentuk skripsi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa tokoh dalam novel ini telah salah mempersepsikan adat bajapuik. Uang jemputan digunakan oleh tokoh sebagai ukuran harga diri keluarga atau martabat diri. Jika keluarga seorang wanita mampu mempersiapkan uang jemputan yang tinggi, maka dalam keluarga barunya ia berhak berkuasa. Karena lelaki yang telah dibeli berada dibawah kekuasaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafril. M.Si.
Subjects: P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 26 Jul 2018 12:42
Last Modified: 26 Jul 2018 12:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36200

Actions (login required)

View Item View Item