PELAYANAN PENANGANAN KELUHAN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN WILAYAH PADANG

Yumita, Agusti (2018) PELAYANAN PENANGANAN KELUHAN PADA PESERTA BPJS KESEHATAN WILAYAH PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting agar manusia dapat bertahan hidup dan melakukan aktivitas. Untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti sekolah, bekerja, dan kegiatan lainnya dibutuhkan jasmani yang sehat. Apabila seseorang tidak sehat dan terserang penyakit yang mematikan, maka barulah timbul kesadaran akan kesehatan. Dengan timbulnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan bahwa kesehatan itu sangat penting, maka masyarakat akan membutuhkan dan mencari berbagai jasa-jasa pelayanan dan asuransi kesehatan yang memberikan pelayanan tersebut. Pentingnya kesehatan ini mendorong pemerintah untuk mendirikan layanan kesehatan, agar masyarakat dapat mengakses kebutuhan kesehatan melalui layanan kesehatan salah satunya layanan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan. Badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Kesehatan merupakan badan hukum publik yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Sesuai dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS, prinsip kegotoroyongan merupakan salah satu prinsip sistem Jaminan Sosial Nasional yang artinya prinsip kebersamaan antar peserta dalam menanggung beban biaya Jaminan 2 Sosial yang diwujudkan dengan kewajiban setiap Peserta membayar iuran sesuai dengan tingkat gaji, upah, atau penghasilan. Prinsip kebersamaan itu diwujudkan dalam bentuk jaminan kesehatan yang berupa pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta BPJS kesehatan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan seperti membayar iuran perbulan sesuai dengan kelas yang telah dipilih, mulai dari kelas 1 hingga kelas 3, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, sehingga didapatkan layanan kesehatan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Asmi Abbas, SE., MM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran
Depositing User: d3 kesekretariatan ekonomi
Date Deposited: 25 Jul 2018 16:29
Last Modified: 25 Jul 2018 16:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/36139

Actions (login required)

View Item View Item