PENGARUH EDUKASI METODE CERAMAH MENGGUNAKAN SLIDE SHARE DAN BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG PADA SISWA MTsN 7 PADANG

SUCI, HIDAYATI MARZAH (2018) PENGARUH EDUKASI METODE CERAMAH MENGGUNAKAN SLIDE SHARE DAN BUKU SAKU TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG PADA SISWA MTsN 7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak dan cover suci.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 suci.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR suci.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA suci fix.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI UTUH suci fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Masalah gizi yang terjadi pada anak usia sekolah salah satunya disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan sikap gizi seimbang. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi seimbang adalah dengan melakukan edukasi kesehatan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi metode ceramah menggunakan slide share dan buku saku terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa MTsN 7 Padang. Metode Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experimental menggunakan desain penelitian pre-post test two group design, yang dilakukan di MTsN 7 Padang Bulan Maret Mei 2018. Sampel terdiri dari 66 siswa yang terdiri dari 33 kelompok slide share dan 33 kelompok buku saku, menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat menggunakan uji paired sample t-test, independent t-test. Hasil Analisis univariat menunjukkan terjadinya peningkatan skor rata-rata pengetahuan (3,31 dan 4,48) dan sikap (5,37 dan 9,36) sebelum dan setelah edukasi menggunakan slide share dan buku saku. Analisis bivariat menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, sesudah edukasi menggunakan slide share dan buku saku (p<0,05). Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna terhadap pengetahuan, sikap, setelah intervensi. Dilihat dari kenaikan skor rata- rata sebelum dan sesudah intervensi, media buku saku dan slide share efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, siswa. Disarankan dinas terkait agar dapat menggunakan buku saku sebagai media edukasi gizi seimbang. DAFTAR PUSTAKA : 53 (1990-2017) KATA KUNCI : Buku Saku, Slide Share, Pengetahuan, Sikap, dan Gizi Seimbang

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 18 Jul 2018 12:01
Last Modified: 18 Jul 2018 12:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35232

Actions (login required)

View Item View Item