SISTEM RESERVASI DAN MONITORING PARKIR DI UNIVERSITAS ANDALAS MENGGUNAKAN NFC BERBASIS TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS (IOT)

STYVIANDRA, ARDOPA (2018) SISTEM RESERVASI DAN MONITORING PARKIR DI UNIVERSITAS ANDALAS MENGGUNAKAN NFC BERBASIS TEKNOLOGI INTERNET OF THINGS (IOT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Jumlah kendaraan di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi dari tahun ke tahun yang meningkat pesat menyebabkan permintaan akan lahan parkir juga meningkat. Parkir adalah keadaan dimana kendaraan sedang berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat atau waktu yang cukup lama dan ditinggalkan pengemudinya. Di institusi pendidikan seperti Universitas Andalas, lahan parkir sangat dibutuhkan. Universitas Andalas memiliki ± 1100 slot parkir untuk kendaraan roda empat yang terbagi atas gedung perkuliahan, fakultas, rektorat dan gedung lainnya. Pengguna kendaraan yang tidak menaati peraturan, lebih memilih untuk memarkir kendaraannya disembarang tempat dibandingkan dengan mencari lokasi lain untuk parkir. Hal tersebut menyebabkan pengguna kendaraan lainnya sulit memilih lokasi parkir yang diinginkan. Untuk menanggulangi pelanggaran yang terjadi dan supaya lebih menghemat waktu dalam pencarian lokasi parkir, maka muncul sebuah ide untuk membuat sistem yang dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui kondisi lokasi parkir yang akan dituju, apakah masih tersedia slot kosong untuk parkir atau tidak. Jadi untuk mendapatkan lokasi parkir yang diinginkan, user terlebih dahulu bisa melihat jumlah slot kosong yang ada pada lokasi parkir melalui aplikasi android. Apabila slot kosong tersedia, user bisa melakukan pembookingan dan akan mendapatkan kode booking pada aplikasi android. Pada aplikasi android juga akan diperlihatkan rute dari lokasi user menuju lokasi parkir yang telah dipesan dengan Google Map. Waktu yang disediakan untuk meunju lokasi parkir adalah 7 menit, jika dalam waktu 7 menit user belum melakukan tag konfirmasi maka booking tersebut batal. Setelah sampai di lokasi parkir, user melakukan tag pada NFC Reader untuk melakukan konfirmasi booking, dimana proses yang dilakukan sistem adalah mencocokkan kode booking dengan yang tersimpan pada database. Jika kode booking yang dicocokkan dengan yang tersimpan pada database sama, maka konfirmasi booking berhasil. Setelah dilakukan pengujian, sistem dapat mengetahui jumlah slot kosong pada lokasi parkir, melakukan pemesanan lokasi parkir, maps menuju lokasi parkir dan melakukan tag konfirmasi ketika sampai pada lokasi parkir dengan persentase sebesar 100%

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dody Ichwana Putra, M.T.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 18 Jul 2018 11:25
Last Modified: 18 Jul 2018 11:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/35145

Actions (login required)

View Item View Item