Pengontrolan Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Deteksi Panjang Antrian di Persimpangan Jalan Menggunakan Sensor PING dan Fuzzy logic Berbasis Raspberry PI

Fendy, Asnanda Yusuf (2018) Pengontrolan Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Deteksi Panjang Antrian di Persimpangan Jalan Menggunakan Sensor PING dan Fuzzy logic Berbasis Raspberry PI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Fendy asnanda yusuf (1310952022).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan dari tahun ketahun mengalami kenaikan yang signifikan. Peningkatan jumlah kendaraan akan menimbulkan kemacetan terutama pada jam – jam sibuk. Kemacetan akan diperparah apabila para pengendara yang tidak mematuhi rambu – rambu lalu lintas saat melintasi persimpangan jalan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan manajemen lalu lintas yang tepat dan efektif. Sistem lampu lalu lintas yang otomatis dan efisien sangat dibutuhkan dimana sistem ini akan mengurangi kemacetan yang terjadi di persimpangan jalan. Untuk mengurangi kemacetan di persimpangan jalan diperlukan pengaturan durasi masing – masing lampu lalu lintas berdasarkan panjang antrian di persimpangan jalan. Mendeteksi panjang antrian digunakan tiga buah sensor yang diletakkan pada jarak tertentu yang akan menantukan tingkat kemacetan di persimpangan jalan. Hasil pembacaan sensor akan dikirimkan raspberry pi untuk mengatur hidup lampu lalu lintas. Untuk memantau atau memonitoring keadaan di persimpangan jalan dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat di akses oleh semua orang seperti website. Website akan menampilkan gambar keadaan dan tingkat kemacetan di persimpangan pada jam tertentu. Pengontrolan durasi lampu lalu lintas masing – masing persimpangan mengunakan fuzzy logic. Pengujian dilakukan mendeteksi panjang antrian kendaraan oleh sensor, hasil pembacaan sensor dan gambar hasil dari webcam akan dimasukkan ke website. Kata Kunci : Kemacetan, Sensor, Lampu lalu lintas, Deteksi panjang antrian kendaraan, Raspberry Pi, Website, Fuzzy Logic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zaini, Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 14 May 2018 15:09
Last Modified: 14 May 2018 15:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34429

Actions (login required)

View Item View Item