PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: JL. PEMUDA DAN JL. BATANG ARAU)

SILVIE, HANDAYANI (2018) PENGARUH PARKIR DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: JL. PEMUDA DAN JL. BATANG ARAU). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
01. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
03. BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
05. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Peningkatan aktivitas masyarakat di Jalan Pemuda yang merupakan jalan satu arah dan Jalan Batang Arau merupakan jalan dua arah yang menyebabkan masalah transportasi seperti kepadatan lalu lintas tinggi dan berpengaruh terhadap pengurangan kecepatan kendaraan karena ketersediaan area parkir yang tidak memadai. Kondisi ini menyebabkan pengurangan kinerja ruas jalan di kedua lokasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei lapangan. Kemudian dianalisa menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dengan variabel penelitian yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus, kapasitas jalan, dan derajat kejenuhan. Hasil akhir dari penelitian ini dianalisis berdasarkan perubahan jumlah lajur yang efektif akibat kendaraan parkir di badan jalan pada waktu pagi, siang, dan sore hari pada hari kerja dan hari libur. Jalan Pemuda memiliki lajur efektif 4 lajur dan nilai persentase penurunan kecepatan tertinggi saat 4 lajur efektif berubah menjadi 3 lajur efektif yaitu pada hari senin sebesar 16,63%. Saat 3 lajur efektif berubah menjadi 2 lajur efektif didapatkan persentase tertinggi pada hari selasa yaitu sebesar 38,76%. Pada Jalan Batang Arau karena jumlah lajur efektif adalah sama yaitu 2 lajur pada saat pagi, siang, dan sore hari diperoleh perbandingan kecepatan hasil survei dengan waktu survei. Nilai persentase penurunan kecepatan yang tertinggi didapatkan pada saat pagi menjelang siang yaitu hari sabtu sebesar 24,68%, dan pada saat siang menjelang sore didapatkan nilai tertinggi pada hari minggu yaitu sebesar 31,01%. Kata Kunci: on-street parking, kecepatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: HENDRAGUNAWAN,MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 14 May 2018 09:03
Last Modified: 14 May 2018 09:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/34264

Actions (login required)

View Item View Item