KETIDAKADILAN GENDER YANG DIALAMI TOKOH SRINTIL DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI (Tinjauan Kritik Sastra Feminis)

Shely, Monica (2018) KETIDAKADILAN GENDER YANG DIALAMI TOKOH SRINTIL DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI (Tinjauan Kritik Sastra Feminis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
2. BAB 1 ( Pendahuluan ).pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
3. BAB Akhir ( Penutup dan Kesimpulan ).pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir ilmiah utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)

Abstract

Shely Monica. 1310722012. “Ketidakadilan Gender yang Dialami Srintil dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk” 2018. Skripsi ini ditulis dengan bimbingan Dra. Hj. Armini Arbain, M. Hum. selaku pembimbing I, dan Ronidin, S.S., M.A. selaku pembimbing II di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Penelitian ini membahas tentang ketidakadilan gender yang dialami Srintil dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dengan menggunakan pendekatan kritik sastra feminis (kritik sastra ideologi). Adapun metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif analisis yang menghasilkan data tertulis. Teknik yang digunakan ialah dilakukan dengan cara membaca dan memahami novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari secara keseluruhan. Kemudian, dikumpulkan data-data berupa kata, frasa, kalimat dan wacana yang berhubungan dengan ketidakadilan gender yang dialami oleh Srintil dalam novel tersebut. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Novel Ronggeng Dukuh Paruk menggambarkan ketidakadilan gender yang dialami oleh tokoh Srintil. Berdasarkan analisis tersebut, disimpulkan bahwa: tokoh Srintil menyikapi dengan melakukan 1) Srintil memberikan keperawanannya kepada Rasus, 2) Srintil melakukan pemogokan untuk meronggeng, 3) Keinginan Srintil untuk menikah yang dilatarbelakangi oleh adanya ketidakadilan gender. Ketidakadilan yang didapat oleh tokoh Srintil meliputi: 1) ketidakadilan gender dalam memarginalisasikan perempuan, 2) ketidakadilan akibat budaya, 3) kekerasan seksual yang dialami Srintil. Kata Kunci: Novel, Ronggeng Dukuh Paruk, Ahmad Tohari.2003. Ketidakadilan Gender

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Armini Arbain, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 11 May 2018 10:44
Last Modified: 11 May 2018 10:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33832

Actions (login required)

View Item View Item