ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI ANAK UMUR 2 SAMPAI 5 TAHUN BERDASARKAN INDIKATOR TINGGI BADAN MENURUT UMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CART

Nur, Fauzana (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STATUS GIZI ANAK UMUR 2 SAMPAI 5 TAHUN BERDASARKAN INDIKATOR TINGGI BADAN MENURUT UMUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE CART. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI NUR FAUZANA FULL + LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Status gizi adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Berdasarkan pemantauan status gizi tahun 2016 yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan RI, Kota Padang masih memiliki kasus gizi buruk pada balita. Salah satunya adalah kondisi stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga tinggi anak terlalu pendek untuk usianya. Oleh karena itu, perlu dipelajari faktor-faktor yang mempengaruhi status gizi agar dapat dijadikan acuan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menggolongkan status gizi berdasarkan faktor yang mempengaruhi adalah Metode CART (Classification and Regression Trees). Objek pada penelitian ini adalah anak umur 2 sampai 5 tahun pada empat kecamatan di Kota Padang. Hasil analisis data dengan menggunakan metode CART menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi masalah status gizi stunting adalah tingkat pengetahuan ibu, pendidikan terakhir ibu, prilaku ibu, jenis kelamin dan umur anak. Stunting cenderung terdapat pada anak dengan pendidikan terakhir ibu yang rendah, pengetahuan ibu yang juga rendah dan prilaku ibu yang kurang baik dalam memberikan gizi. Pengetahuan ibu yang baik ternyata tidak selalu memberikan gizi yang baik pada anak, masih ada anak yang berumur lebih dari 27.5 bulan yang mengalami stunting. Prilaku ibu yang baik namun tidak disertai dengan pengetahuan ibu yang baik juga merupakan penyebab kejadian stunting. Masih terdapat anak berjenis kelamin perempuan yang menderita stunting disebabkan oleh prilaku yang baik, namun tidak disertai dengan pengetahuan yang baik. Kata Kunci: Status gizi, Stunting, Metode CART.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Izzati Rahmi HG, M.S
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 09 May 2018 10:17
Last Modified: 09 May 2018 10:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33500

Actions (login required)

View Item View Item