Analisa Performansi Sistem Distribusi dengan Penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menggunakan Software Powerworld

Arif, Praskana Alkausar (2017) Analisa Performansi Sistem Distribusi dengan Penambahan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) menggunakan Software Powerworld. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img] Text (TA FULL TEXT)
TA full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik dan memperbaiki kualitas energi listrik adalah dengan memanfaatkan energi terbarukan, seperti mengintegrasikan photovoltaic pada sistem jaringan listrik (Grid Connected Photovoltaic System). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan pada jaringan distribusi dan menganalisis efek dari adanya koneksi photovoltaic terhadap losses pada jaringan distribusi. Dengan menggunakan Software PowerWorld diketahui bahwa setelah adanya penambahan PLTS pada jaringan distribusi mengalami kenaikan tegangan. Nilai tegangan pada jaringan distribusi hampir diatas 95%. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan semakin besar daya PLTS maka nilai tegangan pada jaringan distribusi akan naik. Kemudian dengan adanya penambahan PLTS pada sistem jaringan listrik, akan berpengaruh terhadap nilai losses. Dimana nilai losses akan semakin kecil dibandingkan sebelum adanya penambahan PLTS. Hal ini disebabkan karena terdapat daya tambahan yang berasal dari PLTS, sehingga daya yang disalurkan dari sistem jaringan listrik akan berkurang. Dengan berkurangnya daya dari sistem jaringan listrik maka arus yang mengalir juga akan berkurang, sehingga nilai losses akan semakin kecil. Kata Kunci : Grid, Photovoltaic, PowerWorld, Losses .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Syafii, Ph.D
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Feb 2018 15:15
Last Modified: 27 Feb 2018 15:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32303

Actions (login required)

View Item View Item