Analisis Statik dan Dinamik Nose Landing Gear pada Pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV)

Sandra, Prima Saputra (2018) Analisis Statik dan Dinamik Nose Landing Gear pada Pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover + Abstark.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutupan)
Bab V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[img] Text
Text Tugas Akhir Sandra Prima Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada tugas akhir ini dikaji pemodelan nose landing gear pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV) berdasarkan variasi dimensi secara analisis statik dan dinamik. Nose landing gear dimodelkan dalam bentuk pelat U. Tujuan yang ingin dicapai adalah memperoleh bentuk geometri pelat U yang optimal pada saat pendaratan. Kondisi optimal ini ditunjukkan dengan kekuatan luluh maksimum sekaligus juga memiliki kemampuan menyerap energi dalam fase perubahan elastis akibat beban hentakan. Ada dua tahapan yang dilakukan dalam tugas akhir ini yaitu melalui analisis statik dan kemudian dilanjutkan dengan analisis dinamik. Analisis statik menggunakan konsep metode elemen hingga untuk elemen solid melalui sebuah program komputasi in-house SODANA (solid analysis) untuk menghitung harga kekuatan dan perpindahan maksimum, kekakuan tunggal serta energi yang diserap ketika sebuah nose landing gear berbentuk pelat U diberikan beban statik, sedangkan analisis dinamik dilakukan dengan memodelkan nose landing gear tersebut sebagai sebuah sistem satu derajat kebebasan yang mengalami gerak jatuh bebas. Sebuah program komputasi sederhana berbasis Matlab ditulis berdasarkan teori getaran satu derajat kebebasan dengan parameter-parameter yang diperoleh dari analisis statik sebelumnya. Hasil yang diperoleh berupa respon simpangan dan percepatan dari nose landing gear ketika mengalami gerak jatuh bebas pada saat pesawat UAV mendarat. Hasil yang diperoleh menunjukkan kekuatan maksimum pelat U dalam menyerap energi pada saat pendaratan dipengaruhi oleh geometri dari pelat U dimana untuk meningkatkan kekuatan struktur dapat dilakukan dengan pengurangan tinggi (H), pengurangan kelengkungan (X), penambahan lebar (W) dan pengurangan panjang (L) pelat U, sebaliknya dengan peningkatan kekuatan pelat U mengakibatkan energi yang diserap menjadi lebih rendah. Usaha untuk mendapatkan harga kekuatan struktur dan energi yang diserap tinggi berhasil dilakukan dengan penambahan lebar (W) pelat U. Kata kunci: UAV, nose landing gear, kekuatan, kekakuan, respon dinamik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Eka Satria
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 15 Feb 2018 10:59
Last Modified: 15 Feb 2018 10:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32258

Actions (login required)

View Item View Item