ANALISIS STATIK DAN DINAMIK LANDING GEAR RODA BELAKANG PESAWAT UNMANED AERIAL VEHICLE (UAV) TIPE FIXED WING

BAYU, SEPTIADI PUTRA (2018) ANALISIS STATIK DAN DINAMIK LANDING GEAR RODA BELAKANG PESAWAT UNMANED AERIAL VEHICLE (UAV) TIPE FIXED WING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Bayu Septiadi Putra_1310911050_TA_final - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tugas akhir ini menganalisis pengaruh model main landing gear (landing gear roda belakang) terhadap nilai kekakuan dan beban maksimum yang dapat ditahan saat pesawat UAV mendarat. Tujuan yang ingin dicapai adalah mencari bentuk geometri main landing gear yang optimal saat mendarat. Kondisi optimal dapat dilihat dari kriteria nilai kekakuan yang cukup tinggi dalam menahan beban maksimum hentakan sekaligus kemampuan menyerap energi yang baik akibat beban tersebut saat proses pendaratan. Tahapan dalam tugas akhir ini dilakukan secara analisis statik dan analisis dinamik. Analisis statik dengan menggunakan konsep metode elemen hingga pada elemen padat (solid). Program komputasi in-house SODANA (solid analysis) telah dikembangkan untuk menghitung besar beban yang mampu ditahan dan perpindahan maksimum, harga kekakuan struktur bahkan energi yang diserap ketika pemberian beban pada main landing gear. Sedangkan analisis dinamik dengan melakukan pemodelkan main landing gear sebagai sistem pegas-massa 1 derajat kebebasan. Main landing gear tersebut mengalami gerak jatuh bebas saat proses pendaratan. Sebuah program komputasi sederhana berbasis Matlab R2013a digunakan dengan menggunakan konsep getaran mekanik dan parameter-parameter dinamik yang diperoleh dari analisis statik sebelumnya. Hasil yang didapatkan dari analisis dinamik berupa respon simpangan dan percepatan main landing gear saat pesawat UAV mendarat. Hasil yang diperoleh dari tugas akhir ini menunjukkan beban maksimum dan kemampuan main landing gear dalam menyerap energi pada saat pesawat mendarat. Kemampuan menyerap energi yang besar diberikan pada main landing gear dengan kekakuan yang rendah. Namun kombinasi yang baik dalam pemilihan model main landing gear adalah kemampuan menyerap energi yang besar saat pesawat mendarat dan nilai kekakuan main landing gear yang cukup besar. Kata Kunci : kekakuan, beban maksimum, perpindahan maksimum, energi, respon simpangan, respon percepatan, main landing gear.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Eka Satria
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 07 Feb 2018 15:47
Last Modified: 07 Feb 2018 15:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32090

Actions (login required)

View Item View Item