ANALISIS PROFIL PROTEIN BAKTERI UBCR_12 DAN UBCR_36 SELAMA INTERAKSINYA DENGAN Colletotrichum gloeosporioides, Fusarium oxysporum DAN Sclerotium rolfsii

DESTIA, MARDHOTILLAH (2018) ANALISIS PROFIL PROTEIN BAKTERI UBCR_12 DAN UBCR_36 SELAMA INTERAKSINYA DENGAN Colletotrichum gloeosporioides, Fusarium oxysporum DAN Sclerotium rolfsii. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER)
IDES Cover.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
UPLOAD BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 AKHIR)
UPLOAD BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
UPLOAD DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
UPLOAD FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bakteri rhizosfer banyak digunakan sebagai agen biokontrol untuk mengendalikan serangan jamur fitopatogen pada tanaman. Agar diperoleh agen biokontrol dengan aktivitas penekanan yang maksimal, diperlukan informasi menyeluruh terkait bagaimana mekanisme antagonis itu dihasilkan, sehingga menjadi acuan untuk menentukan modifikasi-modifikasi yang dapat mendorong peningkatan aktivitas penekanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil protein bakteri isolat UBCR_12 dan UBCR_36 yang terbentuk selama interaksinya dengan C. gloeosporioides, F. oxysporum dan S. rolfsii. Uji antagonis dilakukan pada dua jenis media yaitu media PDA basal dan media PDA modifikasi dengan penambahan 2% pepton. Selanjutnya dilakukan analisis dengan pendekatan proteomik menggunakan teknik SDS-PAGE untuk memvisualisasi pita protein spesifik yang diduga terlibat dalam mekanisme antagonis bakteri rhizosfer. Aktivitas penekanan tertinggi dari UBCR_12 dan UBCR_36 pada media PDA basal diperoleh terhadap F. oxysporum sebesar 53,6% dan 58,9% yang diduga diregulasi oleh penurunan ekspresi (down-regulated) pita protein berukuran 15 dan 37 kDa. Aktivitas penekanan tertinggi kedua isolat pada media PDA modifikasi diperoleh terhadap S. rolfsii sebesar 75,9% dan 62,9% masing-masingnya, dan diduga diregulasi oleh peningkatan ekspresi (up- regulated) pita protein berukuran 54 dan 60 kDa. Kedua isolat bakteri antagonis memperlihatkan profil ekspresi proteom ekstraseluler yang sama ketika berinteraksi dengan spesies jamur fitopatogen yang sama di media PDB basal. Sebaliknya, profil proteom ekstraseluler yang dihasilkan di media PDB dengan kandungan pepton menunjukkan variasi jumlah pita protein yang terekspresi dan perbedaan level ekspresi di masing-masing isolat selama interaksinya dengan jamur fitopatogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. sc. agr. Ir. Jamsari, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 05 Feb 2018 16:16
Last Modified: 05 Feb 2018 16:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31986

Actions (login required)

View Item View Item