RAHMAD, RAHMAD (2017) ANALISIS BAURAN PEMASARAN SUSU PADA USAHA PETERNAKAN SAPI PERAH DI KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (147kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Skripsi full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Tani ternak Sapi Perah Kota Padang Panjang Kecamatan Padang Panjang Timur, pada bulan Mei-Juli 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bauran pemasaran (Marketing mix) yang terkait dengan (produk, harga, promosi, distribusi) Kelompok Tani Ternak Sapi Perah di Kota Padang Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei dengan pengambilan responden secara sensus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer langsung diperoleh dari wawancara dengan peternak yang berhubungan dengan masalah penelitian dan data sekunder diperoleh dari Dinas Peternakan Kota Padang Panjang. Berdasarkan hasil penelitian peternak memiliki produk sederhana yang dikemas dalam plastik biasa dengan ukuran 1 dan 5 liter/ kemasan. Untuk susu segar dan pasteurisasi murni belum menggunakan label, sedangkan memberi label pada produk susu olahan aneka rasa hanya dilakukan oleh kelompok tani ternak Permata Ibu. 77,77 % kelompok tani ternak menentukan dengan metode harga pasar sedangkan 22,22 % kelompok tani ternak menentukan dengan metode harga diatas harga pesaing. Harga jual susu segar berkisar Rp 7.000,00-Rp 10.000,00/liter sedangkan harga jual susu pasteurisasi Rp 12.000/liter. Kelompok tani sapi perah Kota Padang Panjang tidak melakukan potongan harga kepada konsumen maupun pelanggan. Promosi dilakukan dengan personal selling (tatap muka) dan media sosial. Distribusi dilakukan secara saluran langsung ( peternak-konsumen) dan saluran tidak langsung ( peternak-pedagang besar-pengecer-konsumen. Adanya pedagang besar dan pengecer, memudahkan produk yang dilakukan sampai ke tangan konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Nurhayati, S.Pt, MM |
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Divisions: | Fakultas Peternakan |
Depositing User: | S1 Fakultas Peternakan |
Date Deposited: | 31 Oct 2017 10:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2017 10:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31831 |
Actions (login required)
View Item |