ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PIUTANG UNTUK MEMINIMALKAN JUMLAH PIUTANG TAK TERTAGIH (STUDY KASUS PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG PADANG)

NADIA, YULIANTI (2017) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS PIUTANG UNTUK MEMINIMALKAN JUMLAH PIUTANG TAK TERTAGIH (STUDY KASUS PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menilai system pengendalian internal khususnya terhadap piutang pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mengidentifikasi penerapan fungsi dan unsur-unsur pengendalian, kebijakan penagihan piutang hingga proses penagihan dapat dilaksanakan dengan efektif. Dengan adanya anlisis system pengendalian internal atas piutang ini tentunya akan berdampak terhadap usaha minimalisasi jumlah piutang tak tertagih. Data piutang yang digunakan dari tahun 2014 – 2016. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data piutang iuran perusahaan yang terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelatif non parametik. Dari analisis piutang pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, didapat bahwa secara keseluruhan sistem pengendalian internal atas piutang berpengaruh dalam meminimalisasi jumlah piutang tak tertagih. Hal ini dapat dilihat dari adanya perubahan lingkungan operasional, proses pengendalian internal terhadap waktu penagihan piutang dilakukan sesuai prosedur. Namun masih ada sedikit kelemahan yang perlu diperbaiki agar piutang tak tertagih pada BPJS Ketenagakerjaan tidak meningkat. Kata Kunci Pengendalian Internal, Piutang, Piutang Tak Tertagih, Efektivitas, Deskriptif Korelatif Non Parametik dan Lingkungan Operasional

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rayna Kartika, SE, M.Com
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: s1 akuntansi reguler
Date Deposited: 30 Oct 2017 14:56
Last Modified: 30 Oct 2017 14:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31179

Actions (login required)

View Item View Item