DESAIN TUNE MASS DAMPER PADA JEMBATAN GANTUNG PENDESTRIAN DI KELURAHAN GUNUNG SARIK

ARUAN, SYAH BINTANG (2017) DESAIN TUNE MASS DAMPER PADA JEMBATAN GANTUNG PENDESTRIAN DI KELURAHAN GUNUNG SARIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
SYAH BINTANG ARUAN (1310922068 ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Faktor kenyamanan jarang menjadi perhatian dalam mendesain sebuah jembatan. Banyak jembatan dikota padang yang bergoyang saat dilalui kendaraan terutama pada jembatan gantung, salah satu jembatan gantung yang berada dikota padang adalah Jembatan Gantung Di Kelurahan Gunung Sarik. Jembatan yang bergoyang disebabkan oleh getaraan akibat beban dninamis sperti angin, gempa dan kendaraan yang melintas. Pemasangan TMD pada sebuah jembatan dapat mengurangi getaran pada jembatan. Permodelan dan analisis jembatan dilakukan dengan bantuan software SAP2000 V19. Tujuan penilitan ini adalah untuk mendesain TMD yang terbaik bagi jembatan gantung yang berlokasi Di Kelurahan Gunung Sarik. TMD didesain dengan sistem pasif dan berjenis TMD transional yang hanya dapat bergerak pada satu arah, dalam kasus ini yaitu arah vertikal atau serah sumbu Z. Massa TMD digunakan sebesar 4 % dari berat total struktur jembatan, kekakuan TMD dihitung berdasarkan frekuensi Jembatan pada mode 1 hasil modal analisis. Analisis penempatan TMD terbaik dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap tiga penempatan yang berbeda yaitu hanya pada seperempat bentang, hanya pada tengah bentang dan pada tengah dan seperempat bentang. Pemasangan TMD menyebabkan peningkatan frekuensi pada jembatan hingga sebesar 85.45 %. TMD menyebabkan peningkatan persentase rata-rata perpindahan pada arah sumbu X hingga sebesar 2.39 % dan pada arah sumbu Y hinga sebesar 2.52 %. TMD dapat mengurangi persentase rata-rata perpindahan hingga sebesar 75.58 %. Kata Kunci : Jembatan Gantung, Tune Mass Damper

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Febrin Anas Ismail,DR.Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Oct 2017 11:15
Last Modified: 27 Oct 2017 11:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31110

Actions (login required)

View Item View Item