Abdil, Robin Huda (2017) GAMBARAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA GURU DI SMA NEGERI 1 BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
[Abdil Robin Huda] Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 - Pendahuluan)
[Abdil Robin Huda] Bab 1 - Pendahuluan.pdf - Published Version Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 - Kesimpulan dan Saran)
[Abdil Robin Huda] Bab 5 - Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
[Abdil Robin Huda] Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (212kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
[Abdil Robin Huda] Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Guru sebagai pendidik dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan profesional serta komitmen dan motivasi, termasuk juga keterampilan sosial yang baik. Keterampilan sosial yang dimiliki seorang guru adalah faktor penting agar terlaksananya proses pendidikan yang efektif. Beberapa temuan penelitian ahli psikologi dan pendidikan serta pemberitaan media turut memperkuat bahwa keterampilan sosial penting dimiliki oleh seorang guru. Diantaranya, hasil survey NAASP yang mengungkapkan bahwa guru yang terampil dalam aspek sosial seperti komunikasi dan membina kedekatan dengan siswa lebih dapat diterima pelajarannya (Santrock, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran tentang keterampilan sosial yang dimiliki oleh guru di SMA N 1 Bukittinggi dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan Skala Keterampilan Sosial yang disusun berdasarkan teori keterampilan sosial Goleman (1998) yang terdiri dari delapan komponen. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yakni dengan sampling jenuh, artinya semua populasi menjadi sampel. Jumlah total sampel sebanyak 61 orang guru yang mengajar di SMA N 1 Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan sosial guru SMA N 1 Bukittinggi termasuk dalam kategori sedang. Di antara seluruh komponen keterampilan sosial, pengaruh yang dimiliki oleh guru SMA N 1 Bukittinggi merupakan komponen keterampilan sosial yang masuk kategori tinggi, artinya guru di SMA N 1 Bukittinggi dapat dengan mudah meyakinkan dan mendorong orang lain untuk melakukan yang mereka sampaikan. Sedangkan kemampuan komunikasi yang dimiliki guru SMA N 1 Bukittingi termasuk kategori rendah, artinya guru di SMA N 1 Bukittinggi kurang terampil dalam mengungkapkan dan menangkap informasi seperti ide dan perasaan ketika berinteraksi. Terakhir, enam komponen keterampilan sosial lainnya yang dimiliki oleh guru SMA N 1 Bukittinggi termasuk ke dalam kategori sedang. Kata kunci: keterampilan sosial, mengajar, mendidik, pengaruh, komunikasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yantri Maputra, M.Ed., Ph.D |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 09:53 |
Last Modified: | 24 Oct 2017 09:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30428 |
Actions (login required)
View Item |