EKSPLORASI FAKTOR TERKAIT NILAI PROFESIONALISME MAHASISWA PROFESI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2017

Astri, Wulandari Situmorang (2017) EKSPLORASI FAKTOR TERKAIT NILAI PROFESIONALISME MAHASISWA PROFESI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cober dan Abstrak)
7. Cover & Abstrak Astri watermark pdf.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I. Pendahuluan)
11. BAB I Astri watermark baru.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII. Penutup)
17. BAB VII Astri watermark baru.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
18. Daftar Pustaka Astri pdf.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Teks)
SKRIPSI_FULL_WATERMARK_ASTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai profesionalisme merupakan nilai nilai yang sudah di tanamkan di dalam diri mahasiswa keperawatan sejak menempuh pendidikan S1. Di Fakultas Keperawatan, siswa yang terdaftar kebanyakan pada awalnya tidak menjadikan keperawatan sebagai pilihan pertama. Kondisi ini diamsumsikan dapat mengganngu perkembangan nilai- nilai profesionalisme pada diri mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor apa yang berhubungan dengan nilai profesionalisme mahasiswa profesi Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa profesi yang telah melalui 5 siklus profesi di Fakultas Keperawatan sebanyak 167 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling selama 3 minggu pada tanggal 16 juni- 10 juli 2017. Data dianalisis menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan (p < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara faktor internal pengetahuan dengan nilai profesionalisme (justice, trust, profesionalism, activism) dan juga terdapat hubungan yang bermakna antara faktor internal harga diri dengan nilai kepedulian (caring) pada mahasiswa yang sedang menjalani profesi di fakultas keperawatan Universitas Andalas Padang Tahun 2017. Disarankan kepada Fakultas Keperawatan agar lebih meningkatkan nilai profesionalisme dengan mengadakan suatu kegiatan agar mahasiswa tetarik untuk mengikuti organisasi profesi dalam meningkatkan nilai profesionalisme mereka. Kata Kunci : Nilai Profesionalisme, Faktor Internal dan Eksternal, Mahasiswa Profesi Daftar Pustaka : 60 (1991-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hema Malini, MN, PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:01
Last Modified: 23 Oct 2017 10:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30194

Actions (login required)

View Item View Item