FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AMAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA STIE SAKTI ALAM KERINCI KABUPATEN KERINCI TAHUN 2017

Asmelya, Eka Putri (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AMAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA STIE SAKTI ALAM KERINCI KABUPATEN KERINCI TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, 26 September 2017 Asmelya Eka Putri, No. BP. 1311211022 FAKTOR - FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU AMAN BERKENDARA (SAFETY RIDING) PADA MAHASISWA STIE SAKTI ALAM KERINCI KABUPATEN KERINCI TAHUN 2017 xii + 82 halaman, 30 tabel, 2 gambar, 11 lampiran ABSTRAK Tujuan Perilaku aman berkendara adalah suatu usaha yang dilakukan dalam meminimalisir tingkat bahaya dan memaksimalkan keamanan dalam berkendara. Sekolah Ilmu Ekonomi Sakti Alam Kerinci merupakan daerah rawan terhadap kecelakaan lalu lintas yang berada dipusat kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara pada mahasiwa STIE-SAK Kabupaten Kerinci tahun 2017. Metode Desain penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi semua siswa di Kabupaten STIE-SAK Kerinci yang membawa sepeda motor ke area kampus dengan sampel adalah 100 responden. Sampel diambil dari 3 jurusan yang berbeda menggunakan proposional random sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis dengan uji Chi-Square dan regresi logistik dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan (p=0,028), Sikap (p=0,012), dukungan keluarga (p=0,001) merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara . Sedangkan persepsi (p=0,299), Jenis kelamin (p=0,642), Kondisi kendaraan (p=0,764), Kepemilikan SIM C (p=0,341) bukan merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku aman berkendara. Hasil analisis multivariat menunjukkan variabel yang paling dominan berhubungan dengan perilaku aman berkendara yaitu dukungan keluarga (POR = 4,1). Kesimpulan Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga dengan perilaku aman berkendara. Diharapkan kerjasama antara pihak akademis dengan satuan kepolisian untuk mengatur kegiatan, promosi dan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman tentang penerapan keselamatan berkendara serta dukungan keluarga dalam meningkatkan pengawasan kepada anak agar dapat berperilaku aman dalam berkendara. Daftar Pustaka : 41 (1992 – 2016) Kata Kunci : Perilaku, Mahasiswa, Safety Riding

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Putri Nilam Sari, SKM., M.Kes
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Oct 2017 15:29
Last Modified: 19 Oct 2017 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30133

Actions (login required)

View Item View Item