Harry, Pratama (2017) ANALISIS KETERLAMBATAN PROSEDUR KLAIM PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PARIAMAN TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Juli 2017 HARRY PRATAMA, No. BP. 1210331004 ANALISIS KETERLAMBATAN PROSEDUR KLAIM PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PARIAMAN TAHUN 2016 ix + 89 halaman, 12 tabel, 3 gambar, 10 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian Jumlah berkas klaim pasien Jaminan Kesehatan nasional (JKN) yang mengalami keterlambatan dalam prosedur klaim di RSUD Pariaman sangat besar (10%)dari 100 berkas klaim pasien yang akan di klaim pada tahap pengajuan. Keterlambatan terjadi dikarenakan pada pada resume medis yang diisi oleh dokter sering tidak lengkap diakibatkan beban kerja dokter yang sangat banyak.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterlambatan prosedur klaim pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman Tahun 2016 Metode Jenis penelitian kualitatif, dengan metode wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen.Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Analisis data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil Tenaga yang terlibat dalam prosedur klaim yaitu petugas koding, petugas verifikasi, petugas klaim, bidang kepesertaan BPJS, dan kabid pelayanan. Sarana yang digunakan berjalan baik. Dan metode yang digunakanadalah bisnis proses yang merujuk pada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Kelengkapan berkas klaim menjadi terlambat karena diakibatkan beban kerja dokter yang masih tinggi sehingga dalam penulisan resume medis pasien masih belum lengkap. Verifikasi administrasi klaim melakukan pemerikasan berkas kembali untuk dilengkapi, dan jika masih ada berkas yang belum lengkap maka akan ditunda proses pengklaimannya. Verifikasi pelayanan kesehatan adalah memperhatikan tingkat keparahan atau severity level dan kesesuaian diagnosa menggunakan kode ICD 9 dan ICD 10. Verifikasi ulang keuangan dilakukan agar dokumen klaim yang diserahkan benar-benar sudah sesuai untuk dilakukan pembayaran. Persetujuan klaim dilakukan oleh kepala bidang pelayanan BPJS Rumah Sakit dan berkas klaim yang telah disetujui kemudian akan dikirim kepusat untuk diajukan permohonan pencairan dana klaim rumah sakit. Kesimpulan Keterlambatan prosedur klaim pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam melengkapi berkas klaim terletak pada resume medis yang dituliskan oleh dokter masih belum lengkap, hal ini disebabkan karena beban kerja dokter dalam menangani pasien sangat tinggi. Diharapkan agar rumah sakit memperhatikan jumlah tenaga pelayanan medis seperti dokter, agar pelayanan maksimal dan juga pengumpulan berkas menjadi tidak terlambat lagi Daftar Pustaka : 31 (1999-2016) Kata Kunci : Keterlambatan klaim, Pasien JKN, Rumah Sakit
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Isniati, SKM, MPH |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 15:18 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 15:18 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28598 |
Actions (login required)
View Item |