KESENIAN KUDA LUMPING DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT (Studi Kasus : Di Kelurahan Sungai Benteng, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi)

KHAIRUL, SABANI (2017) KESENIAN KUDA LUMPING DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT (Studi Kasus : Di Kelurahan Sungai Benteng, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
3. BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pusaka)
4. daftar pusaka.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. full bab text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesenian kuda lumping adalah salah satu bentuk keseniantradisional kerakyatan yang dihias menyerupai prajurit menggunakan kuda-kudaan yang disebut kuda kepang, dengan diiringi oleh musik gamelan dan gending (lagu).Keberadaan kesenian kuda lumping di kelurahan Sungai Benteng sudah ada sejak 1980 dan sampai saat ini kesenian kuda lumping masih hidup dan berkembangini berarti memiliki fungsi yang masih dirasakan oleh masyarakat kelurahan Sungai Benteng. Fungsi tersebut terlihat pada pergelaran selalu mempertunjukan kesenian kuda lumping pada 17 agustus, tahun baru islam atau malam suroan, danupacara perkawinan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fungsi pertunjukan kesenian kuda lumpingpada masyarakat Kelurahan Sungai Benteng. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan informan secara sengaja berdasarkan maksud dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pertunjukan kesenian kuda lumpingsebagai (1) hiburan; (2) media pendidikan;(3) kepuasan akan keindahan; (4)tempat komunikasi; (5)solidaritas masyarakat;(6)ekonomi;(7)tempat ekspresi;dan upaya untuk mempertahankan fungsi kesenian kuda lumping ini dibutuhkan upaya untuk selalu melestarikan kesenian dengan cara yaitu melakukan penyebaran informasi kesenian kuda lumping, kerja sama antara masyarakat dan pemerintah daerah dan melakukan pewarisan kepada generasi muda. Kata Kunci: Kuda Lumping, Fungsi, Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 28 Jul 2017 12:48
Last Modified: 28 Jul 2017 12:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28513

Actions (login required)

View Item View Item