Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pendokumentasian Clinical Pathway Oleh Tenaga Kesehatan di RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2016

Irna, Sefitri (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pendokumentasian Clinical Pathway Oleh Tenaga Kesehatan di RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Kesimpulan)
3. BAB VII (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendokumentasian Clinical Pathway yang benar dan tepat oleh tenaga kesehatan sangat menentukan kontinuitas dan kualitas asuhan yang diberikan kepada pasien selama dirawat di rumah sakit. Data menunjukkan belum optimalnya pendokumentasian clinical pathway di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan pendokumentasian Clinical Pathway oleh tenaga kesehatan di ruangan CVCU, Bangsal Jantung dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang. Disain Penelitian cross sectional study, besar sampel 71 orang tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat, dokter, apoteker dan ahli gizi. Teknik sampling diambil secara proportional simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya dan lembar observasi berupa format clinical pathway dan catatan perkembangan pasien terintegrasi. Analisa data dilakukan dengan distribusi frekuensi, uji chi square dan uji Regresi Logistic. Hasil penelitian menunjukkan 62,0% tenaga kesehatan tidak patuh dalam pendokumentasin Clinical Pathway, 64,8% berpendidikan rendah, 73,2% dengan masa kerja ≥ 5 tahun, 60,6% memiliki pengetahuan yang baik, 62,0 % memiliki sikap positif, 70,4% memiliki motivasi yang tinggi, 53,5% kepemimpinan case manager dalam pendokumentasian clinical pathway menurut tenaga kesehatan adalah baik serta terdapat hubungan bermakna antara pendidikan dan motivasi dengan pendokumentasian clinical pathway oleh tenaga kesehatan. Pendidikan adalah variabel yang paling berhubungan dengan dengan nilai p= 0,017 (<0,05). Saran untuk rumah sakit agar memfasilitasi tenaga kesehatan untuk melanjutkan meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik formal maupun non formal serta mengoptimalkan peran tenaga kesehatan yeng berpendidikan tinggi dalam penerapan dan pendokumentasian clinical pathway. Kata kunci: Pendokumentasian clinical pathway, faktor yang berhubungan, tenaga kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 27 Jul 2017 15:29
Last Modified: 27 Jul 2017 15:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28114

Actions (login required)

View Item View Item