ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL BERDASARKAN PP NO 71 TAHUN 2010 DITINJAU DARI ASPEK SDM, SARANA PRASARANA DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMERINTAH KOTA SAWAHLUNTO DAN KOTA PADANG

RINDA, RAHAYU (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL BERDASARKAN PP NO 71 TAHUN 2010 DITINJAU DARI ASPEK SDM, SARANA PRASARANA DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMERINTAH KOTA SAWAHLUNTO DAN KOTA PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (thesis full teks)
FULL PAPER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Reformasi dibidang akuntansi pemerintahan adalah perubahan dari basis akuntansi kas menjadi basis akuntansi akrual yang diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan. UU No. 17 Tahun 2003 dan PP No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) menyatakan bahwa standar akuntansi berbasis akrual harus diimplementasikan pada tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis bagaimana implementasi Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual yang ditinjau dari aspek SDM, sarana prasarana dan teknologi informasi pada Pemerintah Kota Sawahlunto dan Kota Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan pimpinan dan staf pengelola keuangan pada SKPKD dan SKPD. Hasil penelitian menunjukkan terdapat masalah atau hambatan dalam implementasi SAP berbasis akrual. Dari aspek SDM terdapat masalah yaitu kurangnya SDM yang memiliki latar belakang pendidikan akuntansi pada beberapa SKPD yang ada di kota Sawahlunto dan kota Padang. Dari aspek sarana dan prasarana pendukung sudah memadai, sedangkan dari aspek teknologi informasi terdapat kendala pada Pemerintah Kota Sawahlunto dan Kota Padang yaitu aplikasi yang digunakan dalam implementasi SAP berbasis akrual belum memadai karena belum bisa mengakomodasi penyajian seluruh beberapa komponen laporan keuangan. Kata kunci: Akuntansi berbasis akrual, SDM, sarana prasarana dan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yurniwati, SE., M.Si, Ak, CA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 25 Jul 2017 12:36
Last Modified: 25 Jul 2017 12:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item