Perbedaan Life Skill Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi dan yang Tidak Mengikuti Organisasi di Universitas Andalas

Feby, Hermawan (2017) Perbedaan Life Skill Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi dan yang Tidak Mengikuti Organisasi di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Life skill merupakan seluruh keterampilan, selain keterampilan akademik yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan yang efektif pada seluruh area kehidupan sehingga penting untuk dikembangkan. Salah satu kelompok yang membutuhkan life skill adalah mahasiswa. Kemampuan life skill pada mahasiswa dapat dilatih, salah satunya melalui organisasi kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Berdasarkan pengamatan, mahasiswa yang mengikuti organisasi dan yang tidak mengikuti organisasi memiliki perbedaan dalam hal intensitas penggunaan waktu dan kegiatan di kampus yang diduga membedakan life skill antara satu dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan life skill antara mahasiswa yang mengikuti organisasi dan yang tidak mengikuti organisasi di Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode dekriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Universitas Andalas dengan sampel penelitian sebanyak 200 orang, yang terdiri dari 100 mahasiswa yang mengikuti organisasi dan 100 mahasiswa yang tidak mengikuti organisasi. Teknik sampling yang digunakan adalah proportioned stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Life-Skills Development Scale-Adolescent Form (LSDS-B) berdasarkan teori Gazda, Childers, dan Darden (1991) dengan jumlah aitem 46 butir dan reliabilitas 0,915. Analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan uji-t (Independent Sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan kemampuan life skill yang signifikan antara mahasiswa yang mengikuti organisasi dan yang tidak mengikuti organisasi secara umum dengan nilai t sebesar 1,284 dan signifikansi 0,201 (p>0,05). Namun, perbedaan yang signifikan terlihat pada salah satu dimensi life skill yaitu problem solving/decision making dengan signifikansi 0,033 (p<0,05). Kata Kunci : life skill, mahasiswa, organisasi, tidak organisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vivi Amalia, M.Psi., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 20 Jul 2017 12:26
Last Modified: 20 Jul 2017 12:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26184

Actions (login required)

View Item View Item