Gambaran Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Andalas Ditinjau dari Berbagai Aspek

M., Alif Qisthi Abi Rafdhi (2017) Gambaran Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Andalas Ditinjau dari Berbagai Aspek. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
3. BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Prestasi akademik dinyatakan dalam bentuk IPK. Jalur penerimaan mahasiswa, biaya pendidikan, dan keaktifan dalam organisasi merupakan aspek yang dapat mempengaruhi IPK. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran IPK ditinjau dari ketiga aspek tersebut pada mahasiswa tahun angkatan 2014 dan 2015 Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Andalas. Penelitian menggunakan jenis rancangan deskriptif kategorik dengan desain potong lintang di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dari Januari – April 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan multistage random sampling. Dibutuhkan 102 dan 117 sampel pada mahasiswa tahun angkatan 2014 dan 2015. IPK terbanyak yang dimiliki jalur penerimaan SNMPTN (83,64%) dan SBMPTN (77,89%) adalah kelompok II, kecuali PMBWNA (71,43%) di kelompok III. Rerata IPK paling tinggi dimiliki mahasiswa yang diterima melalui jalur penerimaan SNMPTN (3,04), diikuti SBMPTN (2,94) dan PMBWNA (2,36). IPK terbanyak yang dimiliki biaya pendidikan Bidikmisi (81,48%), UKT II (80,00%), III (92.31%), IV (79,03%), V (83,33%), VI (63,64%), VII (75,00%) adalah kelompok II, kecuali Asing (71,43%) di kelompok III. Rerata IPK paling tinggi dimiliki mahasiswa dengan biaya pendidikan UKT III (3,04), diikuti Bidikmisi (3,02), UKT V dan VII (3,01), UKT IV (2,99), II (2,93), VI (2,89), dan Asing (2,36). IPK terbanyak yang dimiliki tingkat keaktifan organisasi Sangat Aktif (83,93%), Aktif (72,22%), Cukup Aktif (77,78%), dan Kurang Aktif (70,91%) adalah kelompok II. Rerata IPK paling tinggi dimiliki mahasiswa dengan tingkat keaktifan organisasi Sangat Aktif (3,01), diikuti Aktif (2,99), Cukup Aktif (2,95), dan Kurang Aktif (2,87). Mahasiswa yang diterima melalui jalur penerimaan SNMPTN memiliki sebaran dan rerata IPK yang paling baik, diikuti SBMPTN dan PMB WNA. Biaya pendidikan yang dibayarkan mahasiswa tidak memiliki gambaran yang linear terhadap sebaran dan rerata IPK. Keaktifan dalam organisasi berbanding lurus dengan rerata IPK dengan sebaran yang bervariasi. Kata kunci: IPK, jalur penerimaan mahasiswa, biaya pendidikan, keaktifan dalam organisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hardisman, M.HID, Dr.PH (Med)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 27 Apr 2017 03:40
Last Modified: 27 Apr 2017 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25069

Actions (login required)

View Item View Item