Mego, Plamonia (2017) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KINERJA PELABUHAN, KONEKTIVITAS RANTAI PASOK NASIONAL DAN PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL (Studi Kasus: Pelabuhan Utama di Indonesia). Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (Literatur)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (438kB) | Preview |
|
Text (Full Tesis)
Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kinerja pelabuhan nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional dengan dimediasi oleh konektivitas rantai pasok nasional. Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak sebagai dua pelabuhan utama di Indonesia dipilih sebagai studi kasus. Pengamatan dilakukan untuk periode tahun 2011-2015. Variabel kinerja pelabuhan diukur dengan delapan indikator, variabel konektivitas rantai pasok nasional diukur dengan tujuh indikator, dan variabel pertumbuhan ekonomi nasional diukur dengan satu konstruk Produk Domestik Bruto (PDB). Hubungan-hubungan tersebut dianalis dengan menggunakan regresi linier. Tahapan awal pada analisis data adalah pengujian asumsi klasik yang terdiri atas pengujian normalitas, pengujian multikolinieritas dan pengujian heteroskedastisitas. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa semua persyaratan asumsi klasik terpenuhi (data berdistribusi normal, tidak terdapat multikolinieritas antar variabel independen dan tidak terjadi masalah heteroskedastisitas pada model regresi). Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa kinerja pelabuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,016 (lebih kecil dari 0,05). Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa kinerja pelabuhan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap konektivitas rantai pasok nasional dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,148 (lebih besar dari 0,05). Hasil pengujian hipotesis ketiga dengan menggunakan Sobel Test menunjukkan kinerja pelabuhan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional melalui fungsi mediasi konektivitas rantai pasok nasional dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,715 (lebih besar dari 0,05). Dengan demikian, konektivitas rantai pasok nasional tidak memediasi dalam hubungan antara kinerja pelabuhan dan pertumbuhan ekonomi nasional. Validasi hasil penelitian dilakukan melalui validitas internal (dengan menguji hipotesis untuk masing-masing Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Tanjung Perak secara terpisah) dan validitas eksternal (dengan studi kasus Pelabuhan Makassar). Kata Kunci: Kinerja pelabuhan, konektivitas rantai pasok, pertumbuhan ekonomi, PDB
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Ir. Alizar Hasan, MSIE, IPM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 teknik industri |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 07:30 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 07:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25019 |
Actions (login required)
View Item |