KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA AUTIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Deskriptif pada Guru dan Siswa Autis SLB Autis Mitra Kasih Karunia Padang)

Vera, Nurmala Sari (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN SISWA AUTIS DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (Studi Deskriptif pada Guru dan Siswa Autis SLB Autis Mitra Kasih Karunia Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal guru dengan siswa penderita autis dalam proses belajar mengajar, cara guru memahami komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal siswa penderita autis, hambatan-hambatan yang dialami oleh guru. Penelitian ini menggunakan teori sentivitas retoris milik Roderick Hart dan teori interaksi simbolik milik George Herbert Mead. Berdasarkan teori yang peneliti gunakan, peneliti melihat bagiamana guru sebagai pendidik harus memiliki sensitivitas dan kepedulian sehingga memudahkan guru dalam berinteraksi dengan siswa autis dan bagaimana guru mengenal dan memahami siswa penderita autis melalui interaksi langsung dengan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua bentuk komunikasi interpersonal guru dengan siswa penderita autis yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Guru terlebih dahulu mengenal dan memahami siswa penderita autis melalui interaksi langsung dengan mereka. Setelah guru kenal dan paham dengan siswa autis, guru dapat menentukan pendidikan seperti apa yang dibutuhkan oleh siswa penderita autis dalam menangani gangguan komunikasi yang mereka miliki. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Sensitivitas Retoris, Interaksi Simbolik, Guru, Autis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:42
Last Modified: 04 Apr 2017 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23703

Actions (login required)

View Item View Item