STRATEGI KOMUNIKASI PELAKSANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)PT. SEMEN PADANG DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN ANAK NAGARI LUBUK KILANGAN

Violina, Ardian (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PELAKSANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)PT. SEMEN PADANG DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN ANAK NAGARI LUBUK KILANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrack vio.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Skripsi Violina Ardian fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Komunikasi Pelaksana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Padang dalam Upaya Pemberdayaan Anak Nagari Lubuk Kilangan Penelitian ini membahas mengenai aktivitas Public Relations dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). PT Semen Padang sebagai salah satu perusahaan tertua telah mengaplikasikan program CSR sejak 1987 yang ditujukan untuk masyarakat sekitar dan lingkungan. Namun pada implementasinya CSR PT. Semen Padang belum sepenuhnya mampu menjalankan program CSR nya kepada masyarakat sekitar, khususnya anak nagari Lubuk Kilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. Semen Padang dalam upaya pemberdayaan anak nagari sebagai program CSR yang digagasnya. Serta mengetahui hambatan atau kendala program CSR PT. Semen Padang terkait pemberdayaan anak nagari. Penelitian ini mengggunakan model komunikasi multilangkah untuk membedah permasalahan dalam penelitian ini. Ada 3 komponen utama dalam model ini yaitu sender yang merupakan komunikator pengirim pesan. Pesan adalah program CSR yang dikemas, channel adalah media perantara, dimana channel pada model komunikasi multilangkah ini memiliki perpanjangan tangan sebagai pemimpin opini dan pembentuk opini yang meneruskan pesan kepada komunikan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa biro CSR sebagai pelaksana dan berperan sebagai sender (komunikator pertama), kemudian merancang progam-program CSR dan bekerja sama dengan forum nagari sebagai community relations nya. Pada pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, biro CSR dan forum nagari mengalami hambatan antara lain kurang nya sosialisasi langsung maupun sosialisasi lewat media, rumitnya pengajuan proposal dari forum ke biro CSR, serta hubungan yang kurang harmonis antara anak nagari Lubuk Kilangan dengan perusahaan. Kata kunci : Public Relations, Corporate Social Responsibility, Community Relations, Anak Nagari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 30 Mar 2017 07:11
Last Modified: 30 Mar 2017 07:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item